Ini Kesan Gubernur Sumbar Usai Melepas Penat di Pemandian Aia Angek Bukik Gadang

Sabtu, 04 Desember 2021, 16:46 WIB | Wisata | Kab. Solok
Ini Kesan Gubernur Sumbar Usai Melepas Penat di Pemandian Aia Angek Bukik Gadang
Pemandian Air Panas Pincuran Tujuah, di daerah sungai Janiah, Bukik Gadang, Koto Anau, sekitar 48 Km dari Kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat, arah ke timur.

SOLOK (4/12/2021) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyempatkan diri, untuk mandi di pemandian Aia Angek Bukik Gadang dalam kunjungan kerjanya ke Kabaputen Solok sepanjang Kamis (2/12/2021).

"Mandi di Aia Angek ini, aktivitas yang ambo sukai. Karena, bisa membuat badan jadi segar, apalagi setelah mandi langsung menyeduh segalas teh hangat di lapau. Sungguh sangat nikmat," ungkap Mahyeldi yang singgah ke pemandian yang ada di kaki Gunung Talang itu, Kamis malam.

Seharian itu, Mahyeldi beraktivitas di sejumlah daerah. Mulai dari Padang Panjang dan berakhir di Kabupaten Solok. Melepas penat setelah seharian beraktivitas, Mahyeldi mengajak rombongannya melepas penat di pemandian yang ada di daerah sungai Janiah, Bukik Gadang, Koto Anau, sekitar 48 Km dari Kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat, arah ke timur.

Dari Kota Padang, lokasi ini bisa ditempuh selama 1,5 jam dengan kendaraan roda empat. Menuju lokasi ini, mesti melewati tanjakan Sitinjau Lauik yang fenomenal serta Taman Hutan Raya Bung Hatta.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Ajak Semua Pihak Berpartisipasi Dalam Pembangunan

Pemandian Aia Angek Bukik Gadang Koto Anau, dikenal juga dengan Pemandian Air Panas Pincuran Tujuah. Menuju lokasi pemandian, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan perkampungan yang masih asri. Sepanjang perjalanan, terlihat hamparan sawah yang luas dan bertingkat-tingkat serta pohon kelapa dan batu-batu yang besar.

Menuju lokasi, kondisi jalan lumayan kecil. Hanya bisa dilalui 1 mobil. Kalau udah ketemu 2 mobil yang berlawanan arah, tetap masih bisa tapi jalan dengan salah satunya mesti berhenti dulu. Untuk kendaraan besar atau mikrobus, menuju lokasi akan jadi persoalan sulit.

Pemandian Aia Angek Bukik Gadang Koto Anau ini, terbagi dua. Khusus untuk perempuan dan laki-laki. Tarif masuk ke lokasi ini Rp10.000 per orang. Di dalamnya, selain tersedia Tujuh Pincuran (air pancuran-red) juga tersedia sebuah kolam untuk berendam. Airnya langsung berasal dari Gunung Talang dalam kondisi lumayan panas.

Karena airnya yang panas, lokasi ini makin disesaki pengunjung saat malam hari. Terlebih, kawasan sekitar Koto Anau ini secara umum, memiliki suhu relatif dingin di malam hari. Selain dipercaya bagus untuk kesehatan, mandi air panas juga bisa menyegarkan badan, apalagi mandi saat sore atau malam hari.

Baca juga: Tim VI Safari Ramadhan Agam Dijamu Gulai Rabuang dan Tunjang di Malalak Timur

Dua Pemandian Lain

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: