Yuk Nikmati Alarm Terbaik dari Camping Ground Solok Radjo, Ayam Kukuak Balenggek

Senin, 04 Juli 2022, 18:03 WIB | Wisata | Kab. Solok
Yuk Nikmati Alarm Terbaik dari Camping Ground Solok Radjo, Ayam Kukuak Balenggek
Sejumlah jenis Ayam Kukuak Balenggek yang diperlombakan di Kabupaten Solok, beberapa waktu lalu. (dinas pertanian kabupaten solok)

SOLOK (4/7/2022) - Pengunjung Camping Ground Eko Wisata Solok Radjo, untuk terjaga dari lelapnya setelah dikepung suhu belasan derjat celcius, akan dibangunkan alarm terbaik yang pernah ada di muka bumi. Alarm yang merupakan karunia Allah Subhanahu Wata'ala.

Saking istimewanya 'alarm' ini, suara kokoknya juga sangat unik. Nama ayamnya, Ayam Kukuak Balengek. Ayam ini merupakan ayam khas yang berasal dari Kabupaten Solok.

Ya, Ayam Kukuak Balenggek ini mungkin masih sangat asing di telinga sebagian penggemar ayam hias. Hal ini karena popularitas ayam kukual balenggek masih berada di bawah ayam pelung dan ayam ketawa.

Minimnya informasi dan publikasi mengenai Ayam Kukuak Balenggek, nyaris membuat ayam tersebut tidak pernah terdengar sama sekali keberadaanya. Padahal, ayam tersebut juga tidak kalah unik dan menarik, jika dibandingkan dengan beberapa jenis ayam hias lainnya.

Baca juga: 200 Peserta Ikuti Kontes Ayam Kukuak Balenggek, Marfendi: Gelar Secara Rutin

Asal Ayam Kukuak Balenggek

Ayam kukuak balenggek merupakan ayam lokal Indonesia yang berasal dari Kecamatan Payung Sukaki dan Tigo Lurah di Kabupaten Solok. Selain itu, ayam ini juga mempunyai kemampuan yang cukup untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Berdasarkan sejarah yang ada, ayam kukuak balenggek sudah mendunia sejak tahun 1981. Berkat seorang Insinyur dari Belanda yang membawa sepasang ayam tersebut ke negaranya, karena terkesan dengan suaranya yang berirama merdu, ayam hias ini jadi terkenal.

Beberapa tahun kemudian, ada seorang pejabat yang memberikan cindera mata kepada pangeran Askishinonomiya Fumihito dari Jepang, berupa ayam kukuak balenggek. Hadiah ini diberikan karena dia sangat terkesan dengan keunikan ayam kukuak balenggek ini.

Oleh karena itu, Pemerintah Kapubaten Solok sangat antusias dan senang menjadikan salah satu unggas yang langka ini sebagai maskot fauna di daerahnya.

Ayam kukuak balenggek merupakan asli lokal yang berkembang di Sumatera Barat yang berasal dari Kecamatan Paung Sakaki dan Tigo Lurah. Antara lain; Simanau, Simiso Batu Bajanjang, Garabak Data, Rangking Luluih.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: