Mahasiswa UGM Ikuti Kompetisi Gadih Marandang Maninjau, Ini Penilaian Mereka

Senin, 19 Desember 2022, 16:59 WIB | Kuliner | Kab. Agam
Mahasiswa UGM Ikuti Kompetisi Gadih Marandang Maninjau, Ini Penilaian Mereka
Rombongan mahasiwa UGM Yogyakarta, mengikuti Kompetisi Gadih Marandang yang digelar di Linggai Park, Danau Maninjau, Ahad. (humas)

AGAM (18/12/2022) - Sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, ikuti Kompetisi Gadih Marandang yang digelar di Linggai Park, Danau Maninjau, Ahad. Mereka memasak pakis dan pensi lalu mengolahnya jadikan makanan khas Minangkabau, Randang.

"Ternyata rendang tidak hanya terbuat dari daging, juga ada rendang dari pakis dan pensi. Saya baru tahu di sini," ujar Ketua Rombongan Mahasiswa UGM, Rafli Nur Ramadani disela kegiatan.

Menurut Rafli, momen Kompetisi Gadih Marandang ini dimanfaatkan untuk menggali pengetahuan seputar rendang pakis dan pensi khas Maninjau.

Ia bercerita, tentang berbagai pengetahuan yang didapat dari Kompetisi Gadih Marandang 2022 ini.

Baca juga: Administrasi Berbasis Digital dan e-Arsip jadi Keunggulan TP PKK Nagari Sitalang di Lomba Tingkat Provinsi

Sebelumnya, lanjut Rafli, ia hanya mengetahui randang sebagai makanan khas Minang yang dijual di Rumah Makan.

"Saya kurang tahu apakah yang dijual itu khas Minang, kalau di sini sudah pasti asli karena kami dapat melihat pembuatannya secara langsung," ungkapnya.

Menurut mahasiswa Jurusan Kehutanan UGM ini, randang pakis dan pensi khas Maninjau ini berpotensi jadi ikon kuliner masyarakat setempat.

"Menurut kami ini unik, tidak hanya menarik dipandang mata, tapi juga berpotensi jadi penggerak UMKM, jika dikemas dengan branding menarik," katanya.

Baca juga: Nota Pengantar Ranperda RPJPD Agam 2025-2045, Sekda: Akan jadi Pedoman Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

Ia juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah menggelar event pariwisata ikonik ini. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi event tahunan pemerintah daerah.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: