Dosen UM Sumbar Lahirkan Kuliner Inovasi, Olahan Kulit Pisang Dijadikan Keripik

Selasa, 01 November 2022, 18:28 WIB | Kuliner | Kota Payakumbuh
Dosen UM Sumbar Lahirkan Kuliner Inovasi, Olahan Kulit Pisang Dijadikan Keripik
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Pertanian UMSB, Revi Ernanda didampingi Chika Sumbari (anggota) sosialisasikan cara pembuatan kulit pisang jadi keripik pada KWT Sungai Tabir, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari Kota Payakumbuh, Senin.

Dalam sosialisasi ini, Revi menyampaikan materi seputar pemanfaatan kulit pisang jadi Keripik Kulit Pisang, sebagai upaya dalam memanfaatkan limbah kulit pisang jadi produk yang bernilai ekonomis.

Cara pembuatannya, kulit pisang masak --yang selama ini dibuang--, terlebih dulu dihaluskan lalu ditambah tepung dan diberi penyedap rasa hingga jadi adonan.

Adonan kemudian dipotong-potong hingga membentuk irisan keripik mentah. Setelah itu, dikeringkan di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, digoreng hingga jadi keripik yang enak untuk dimakan.

Baca juga: KWT Dasawisma Jahe Merah Manfaatkan Darah Segar Sapi jadi Pupuk

Peningkatan keterampilan KWR ini dapat diterapkan dengan memberikan pendampingan kepada kelompok tani yang menghasilkan produk sendiri, berupa pelatihan pengolahan produk, pelatihan e-marketing dan pelatihan kewirausahaan lainnya.

Sehingga, kelompok tani itu dapat memiliki kemampuan dalam meningkatkan nilai tambah suatu produk dan dapat meningkatkan perekonomian. (rls/kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: