KWT Dasawisma Jahe Merah Manfaatkan Darah Segar Sapi jadi Pupuk

Minggu, 13 Februari 2022, 20:42 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
KWT Dasawisma Jahe Merah Manfaatkan Darah Segar Sapi jadi Pupuk
Wali Kota Padang, Hendri Septa menerima penjelasan dari anggota Kelompok Dasawisma Jahe Merah, Maiyulnita yang berhasil memproduksi pupuk organik berbahan dasar olahan darah sapi segar. Produk ini dinamakan Lidah Sipiah (Limbah Darah Sapi Piai Tangah). (h

PADANG (11/2/2022) - Wali Kota Padang, Hendri Septa tinjau Kelompok Dasawisma Jahe Merah yang berhasil memproduksi pupuk organik berbahan dasar olahan darah sapi segar. Produk ini dinamakan Lidah Sipiah (Limbah Darah Sapi Piai Tangah).

"Kelompok Dasawisma Jahe Merah berhasil memproduksi produk yang bisa digunakan untuk nutrisi bagi sejumlah tanaman. Hasilnya, telah teruji dan harganya juga terjangkau," ungkap Hendri Septa didampingi Jasman (Camat Pauh) di sela peninjauan.

Hendri mengapresiasi ibu-ibu yang tergabung di Kelompok Dasawisma Jahe Merah yang mampu berkreasi menciptakan sebuah UMKM baru nan produktif tersebut.

"Kita berharap, Kelompok Dasawisma lainnya di Kota Padang bisa meniru hal serupa. Semoga ke depan usaha ini makin sukses dan lebih berkembang lagi," harap Hendri sembari mempromosikan Pupuk Lidah Sipiah tersebut.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Sementara, anggota Kelompok Dasawisma Jahe Merah sekaligus inisiator pembuatan Pupuk Lidah Sipiah, Maiyulnita menjelaskan, ide membuat pupuk tersebut didasari ingin berinovasi melihat kebutuhan masyarakat terkait pupuk yang cukup tinggi. Di samping itu, juga seiring harga pupuk yang mulai naik dan ketersediannya pun terbatas dewasa ini.

"Untuk pembuatan pupuk ini, kita menggunakan bahan dari darah segar sapi yang dicampur dengan gula, M4 dan diendapkan selama dua minggu untuk difermentasikan. Setelah itu, kita paketkan ke dalam botol. Insya Allah, pemanfaatannya bisa bagi sejumlah tanaman sesuai aturan pemakaian," jelasnya.

Dia mengatakan, produksi Pupuk Lidah Sipiah baru digeluti selama dua bulan belakangan. Untuk pembuatan pupuk ini, para anggota Kelompok Dasawisma Jahe Merah harus rela bangun pukul 03.30 WIB, untuk mengambil darah sapi segar di tempat penyembelihan sapi yang lokasinya masih di kawasan Piai Tangah.

"Saat ini, kita baru memasarkan pupuk tersebut ke warga sekitar, semoga ke depan setelah dikunjungi dan dipromosikan bapak wali kota hari ini, bisa lebih maju dan berkembang."

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Bagi masyarakat yang mau membeli silahkan datang langsung ke sini atau bisa pemesanan via nomor HP: 081261888984 atas nama Maiyulnita," tukas pensiunan PNS Pemko Padang tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: