Sembilan RW di Kelurahan Pasar Ambacang Dipilih Langsung, Panitia Sediakan 33 TPS

Minggu, 25 September 2022, 18:54 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Sembilan RW di Kelurahan Pasar Ambacang Dipilih Langsung, Panitia Sediakan 33 TPS
Salah seorang panitia pemungutan suara menyerahkan surat suara pada warga yang akan menggunakan hak pilihnya pada pemilihan RW serentak di kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Padang, Ahad.

PADANG (25/9/2022) - Warga Kelurahan Pasar Ambacang gelar pemilihan sembilan ketua RW secara serentak, Ahad.

Prosesi pemilihan RW dirancang sedemikian rupa layaknya seperti memilih kepala daerah.

Saat ditemui disalah satu tempat pemungutan suara Lurah Pasar Ambacang, Syamsu Irwan mengatakan, kegiatan ini berdasarkan inisiatif masyarakat sekaligus untuk persiapan menjelang pesta demokrasi 2024.

Dalam pelaksanaannya, ia menambahkan, di Kelurahan Pasar Ambacang sendiri terdapat 33 TPS dari 9 RW yang tersebar di 37 RT yang ada di Kelurahan Pasar Ambacang.

Baca juga: 40 Pengelola Homestay Ikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Usaha

Ia menyebutkan dengan perhelatan seperti layaknya pesta demokrasi pada umumnya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya arti dari demokrasi hingga tingkat RT.

"Kita mendesain sedemikian rupa menyerupai prosedur seperti Pemilu pada umumnya. Tidak sama seperti prosesi pada umumnya dimana pemilihan berlangsung secara musyarwarah dan terbatas."

"Kali ini kita beri keleluasaan kepada masyarakat untuk memilih pemimpin mereka yang sesuai dengabn visi dan misi yang masyarakat inginkan," ucapnya.

Irwan mengatakan persiapan dari kegiatan ini cukup panjang. Kelurahan dan masyarakat telah merancang sejak awal tahun lalu, agar pemilihan berjalan dengan matang.

Baca juga: Pj Wako Padang Ingatkan Camat dan Lurah; KPU dan Bawaslu Kecewa, Siap-siap Saya Kecewakan

Selain itu ia mengatakan salah satu tujuan dari pemilihan serentak tersebut, digunakan untuk penertiban administrasi RW yang sudah melewati batas masa jabatan.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: