Ratusan Bundo Kanduang Minang Parade Baju Kuruang Basiba dari Bundaran HI sampai Monas

Senin, 22 Agustus 2022, 10:00 WIB | Wisata | Nasional
Ratusan Bundo Kanduang Minang Parade Baju Kuruang Basiba dari Bundaran HI sampai Monas
Ketua BKOW Sumbar, Fitria Amalia Umar bersama Bundo Kanduang DKI Jakarta dan sekitarnya, foto bersama di Monas usai kegiatan Parade Budaya Nusantara Baju Kuruang Basiba Tahun 2022, Ahad. (humas)

JAKARTA (21/8/2022) - Bundo Kanduang DKI Jakarta dan sekitarnya, gelar Parade Budaya Nusantara Baju Kuruang Basiba Tahun 2022 di pelataran Monas, Ahad.

Iven ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun.

Parade dimulai dari Bundaran HI menuju Monas, menampilkan 470 orang perempuan dewasa dari berbagai organisasi yang ada di Jabodetabek. Semuanya mengenakan busana khas Minangkabau, Baju Kuruang Basiba.

Ketua BKOW Sumbar, Fitria Amalia Umar yang hadir sekaligus membuka parade, sangat mengapresiasi para Bundo Kanduang DKI Jakarta dan sekitarnya untuk melestarikan budaya Minangkabau, khususnya baju kuruang.

Baca juga: Literasi Media KPID Sumbar, Supardi: Peran Bundo Kanduang Dibutuhkan Atasi Dampak Negatif Siaran

"Selamat atas terlaksananya acara ini. Bangga kita punya Baju Kuruang Basiba. Mari kita lestarikan budaya dan adat kita," kata Amalia saat membuka kegiatan.

Sementara, Ketua Bundo Kanduang DKI Jakarta, Suherni Syam mengatakan, sudah kewajiban setiap warga DKI Jakarta tanggal 17 Agustus untuk berpartisipasi merayakan HUT Kemerdekaan RI.

"Kami dari Bundo Kanduang DKI Jakarta bekerjasama dengan beberapa organisasi kemasyarakatan di wilayah Jakarta, menghelat kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan busana nusantara terutama busana adat Minangkabau," ujar Suherni saat memberikan sambutan.

Turut hadir dalam parade, Kepala Kesbangpol DKI Jakarta, Taufan Bakri, Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin dan Ketua Panitia parade, drg Liza Festay. (kyo)

Baca juga: Dinsos Padang Luncurkan SLRT Bundo Kanduang, Ini Tujuannya

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: