Pengusulan Gelar Pahlawan Inyiak Canduang, Ini yang Divalidasi TP2GP di MTI Canduang

Selasa, 09 Agustus 2022, 17:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pengusulan Gelar Pahlawan Inyiak Canduang, Ini yang Divalidasi TP2GP di MTI Canduang
Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP), Muklis Paene didampingi Prof Syufiarma Marsidin (Ketua Tarbiyah-Perti), Prof Makmur Syarif (Dewan Pembina Yayasan) dan lainnya, foto bersama usai verifikasi lapangan di Museum Syekh Sulaiman Arrasuli, S

"Untuk itulah kita dari tim verifikasi datang untuk mencoba membenarkan dan mengamati, apa yang diusulkan dalam surat dan naskah-naskah tertulis itu dengan realitasnya di lapangan," tambah dia.

Dicatatkan di IKON

Ketua Yayasan Syekh Sulaiman Arrasuli, Dr Sukri Iska dalam sambutanya menyampaikan rasa sukurnya, karena sudah ada progres dalam pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli sebagai pahlawan nasional.

Baca juga: Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Syekh Sulaiman Arrasuli, 5 Verifikator akan Turun ke Canduang

Hal itu yang ditandai dengan turunya tim vetifikator dari pusat, untuk melakukan penelitian tentang kesesuaian data yang dituangkan dalam dokomen dengan dengan fakta dan kondisi di lapangan.

"Kita berdoa dan berharap, setelah verifikasi ini, tim dapat merekomendasikan ke dewan gelar sehingga Syekh Sulaiman Arrasuli dapat diakui secara formal sebagai pahlawan nasional," ujarnya.

Pada acara itu, juga dilakukan diskusi dan testimoni dari beberapa tokoh masyarakat terkai peran, pengaruh perjuangan dan pemikiran dari Syekh Sulaiman Arrasulli.

Diantara testimoni itu, disampaikan ketua Persatuan Tarbiayah Islamiyah (Perti) Sumatera Barat, Prof Syufiarma Marsidin, Dewan Pembina Yayasan, Prof Makmur Syarif dan sejumlah ahli sejarah, wali nagari dan tokoh masyarakat lainnya.

Salah satu testimoni yang disampaikan itu adalah tentang seruan jihad kepada umat Islam, terhadap agresi meliter pertama yang dilakukan oleh Belanda tahun 1947.

"Ini merupakan bukti nyata dari peran Syekh Sulaiman Arasulli dalam mempertahankan kemerdekaan RI. Karena itu, beliau sangat layak untuk diakui sebagai pahlawan nasional," ujar Prof Syufiarma.

Dalam kunjungan ke MTI Candung itu, tim juga melihat secara langsung makam dan prasasti Syekh Sulaiman Arrasuli, yang berada persis di halaman Pondok Pasantren MTI Candung.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: