Pemberdayaan Masyarakat dan Literasi jadi Fokus Mahasiswa KKN Unand di Taeh Baruah

Selasa, 26 Juli 2022, 21:24 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Pemberdayaan Masyarakat dan Literasi jadi Fokus Mahasiswa KKN Unand di Taeh Baruah
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa KKN Unand di Nagari Taeh Baruah, Prof Ratni Prima Lita bersama mahasiswa KKN di Nagari Taeh Baru, Senin.

Wali Nagari Taeh Baruah, Indra Mulyadi mengaku gembira atas penempatan mahasiswa KKN Unand di daerahnya.

Ia berharap para mahasiswa itu dapat mempercepat terwujudnya program-program positif bagi masyarakat setempat.

"Usaha pertanian gula aren menjadi salah satu mata pencaharian yang banyak dilakoni masyarakat Taeh Baruah. Kami ingin mengangkat sektor ekonomi ini menjadi naik level. Diharapkan ada produk-produk varian yang bisa memberi nilai jual lebih dan menjangkau pasar yang luas," jelasnya.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unand Rancang Fasilitas Pendukung Objek Wisata Tubing Ducati

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa KKN Unand di Nagari Taeh Baruah, Prof Ratni Prima Lita menjelaskan, program ini dinaungi Unit Pelaksana Teknis Pembelajaran di Luar Kampus (UPT-Pelpus) seiring berubah status Unand sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

"Karena itu program KKN tahun ini diharapkan lebih mengedepankan program tepat guna yang manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat. Pembelajaran bagi mahasiswa di luar kampus diharapkan juga meningkatkan awareness mahasiswa akan kebutuhan nyata masyarakat sesuai dengan terkini," katanya.

Prof Ratni yang merupakan Guru Besar Jurusan Manajemen FE Unand berpesan pada mahasiswa, agar menjaga tatakrama selama bergaul dengan masyarakat.

Ia juga menekankan agar program KKN bisa membawa perubahan positif bagi mahasiswa dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Kami siap mendukung program Pemkab Limapuluh Kota pada umumnya dan terkhusus bagi Nagari Taeh Baruah. Semoga keberadaan mahasiswa KKN dapat berkontribusi nyata bagi kemajuan nagari," harapnya. (rls)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: