Kelompok Basurah Adat Kampuang Lapai Saiyo Gelar Silaturahmi

Senin, 13 Juni 2022, 13:26 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kelompok Basurah Adat Kampuang Lapai Saiyo Gelar Silaturahmi
Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar memberi sambutan pada kegiatan Halal Bihalal Kelompok Basurah Adat Kampung Lapai di Sate Manangkabau, Sabtu. (veri riki yanto)

Tonli berharap, dengan silaturahmi dan makan bajamba ini, akan semakin mempererat keakraban antar sesama anggota, pembina dan unsur terkait lainnya.

Kebanggaan

Sementara itu, Lurah Kampung Lapai Yos Deki mengatakan Pemerintah Kelurahan Kampung Lapai sangat mendukung keberadaan organisasi ini.

Baca juga: Kelurahan Kampung Lapai Bentuk Kampung KB Mantap

"Kelompok Basurah Adat Kampuang Lapai ini sebuah organisasi yang berbasis adat, ini adalah kebanggaan kita bersama. Seperti yang disampaikan Ketua LKAAM Sumbar, kelompok ini akan dijadikan percontohan di Sumbar," ungkap Yos Deki.

Ia berharap, dengan keberadaan organisasi ini, bisa menjadi wadah bagi kalangan generasi muda untuk belajar memahami adat istiadat dan budaya yang ada di Minangkabau. Sehingga, adat istiadat Minangkabau tidak hilang tergerus zaman.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua LPM Kampung Lapai, Sony Affandi, atas kontribusinya mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini.

Ketua LPM Kampung Lapai sekaligus pembina organisasi, Sony Affandi mengatakan, saat ini pemahaman adat istiadat dan budaya Minangkabau di kalangan generasi muda Kota Padang semakin menipis.

Padahal dalam kehidupan bermasyarakat, banyak kegiatan-kegiatan yang mesti dilaksanakan secara adat, seperti prosesi perkawinan, kematian dan lain sebagainya.

Kondisi ini menjadi kerisauan bagi tokoh masyarakat Kampung Lapai, sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian adat istiadat dan budaya Minangkabau dengan membentuk Kelompok Basurah Adat Kampuang Lapai.

"Saya sangat mengapresiasi keberadaan kelompok ini. Perannya sangat besar dalam mempertahankan nilai adat istiadat. Dan saya siap mendukung serta memfasilitasi setiap kegiatan kelompok ini," ujar Sony. (vry)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: