Ini Cara Memeriksa Televisi Sudah Bisa Terima Siaran Digital atau Belum

Sabtu, 11 Juni 2022, 20:26 WIB | News | Kab. Agam
Ini Cara Memeriksa Televisi Sudah Bisa Terima Siaran Digital atau Belum
Ilustrasi.

AGAM (12/6/2022) - Perangkat televisi milik Ibu Eliwarti (68), kerap aktif hidup ketika anak dan cucu-cucunya sedang di rumah, di Nagari Koto Tangah, Kecamatan Kamang Magek. Televisi tabung miliknya itu pun hanya bisa menangkap beberapa siaran televisi berjaringan nasional, menggunakan antena UHF.

"Tidak tahu juga, apa itu siaran digital. Sepanjang masih dapat siaran, tak masalah. Kalau lah tak dapat lagi, baru dicari pula alat bisa dapat siaran digital itu. Semoga tak mahal belinya," ungkap Eliwarti, Ahad.

Diketahui, siaran TV analog sudah dalam masa peralihan sebelum dimatikan total pada 2 November 2022. Masyarakat yang masih memiliki televisi analog, masih bisa digunakan dengan bantuan Set Top Box (STB).

Set top box adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog. Perangkat tersebut sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2).

Baca juga: Karang Taruna Agam Tanam 2 Ribu Tanaman Produktif di Jalan Menuju Objek Wisata

Kemampuan itu lah yang membuat STB memiliki peranan penting dalam memudahkan TV analog menerima sinyal siaran TV digital, ketika penghentian siaran analog ke digital atau yang dikenal dengan Analog Switch Off (ASO) dilakukan.

Namun bagi warga masyarakat nggak usah risau, jika mau nonton siaran TV digital tanpa perangkat STB? Dan tidak mendapatkan subsidi STB, sehingga diharuskan untuk membeli secara mandiri perangkat tersebut. Silahkan ikuti Langkah-langkah berikut ini.

Sebagaimana yang telah diketahui STB merupakan perangkat penting untuk menunjang kualitas siaran TV. Dengan perangkat STB, masyarakat tentu bisa nonton siaran TV digital dengan aman dan nyaman di tahun 2022 ini.

Lalu benarkah tanpa STB bisa tetap menonton siaran TV digital di tahun 2022 ini?,

Baca juga: PT Panasonic Indonesia buka Lowongan Kerja, Batas Akhir Lamaran 3 Desember 2023, Daftar Disini!

Simak sampai akhir artikel untuk mengetahui penjelasan mengenai cara nonton siaran TV digital tanpa STB.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: