Irwan Melapor karena Isi Buku Tendensius dan Memojokan

Kamis, 15 Oktober 2015, 21:10 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Irwan Melapor karena Isi Buku Tendensius dan Memojokan
Ini lah buku yang isinya dinilai calon gubernur Sumbar dari PKS, Irwan Prayitno mendiskreditkan dirinya. Irwan melapor ke SPK Polda Sumbar, Kamis (15/10/2015). (vebi rikiyanto/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Sampul dan prolog dari buku 'Sumatera Barat Dibawah Irwan Prayitno Tanpa Kemajuan,' dinilai calon gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, tendensius dan mengandung unsur fitnah. Begitu juga dengan isi, yang tak sesuai dengan fakta. Cenderung opini negatif dari para penulis yang sayangnya anonim pula.

"Saya menghargai sebuah karya. Tapi, kalau karya itu membuat fitnah dan tidak berdasarkan fakta, maka nama baik saya tercemarkan. Sebagai warga negara, tentu saya menempuh jalur hukum," ujar Irwan Prayitno, usai melapor ke SPKT Polda Sumbar, Kamis (14/10/2015).

Irwan Prayitno mengaku mengetahui, kalau sebagian besar dari isi buku tersebut, dicomot dari sejumlah pemberitaan dari berbagai media massa terbitan Sumbar. "Saya tidak akan menuntut media maupun rekan rekan wartawan, terkait tulisan yang ada di buku tersebut. Karena, tulisan di buku tersebut hanya diambil sepenggal-sepenggal, sesuai keinginan sang penulis untuk mendiskreditkan saya," ujar Irwan.

Dikatakan Irwan, sudah ada rekan wartawan yang menyampaikan bantahannya, terkait tulisan dari berita yang dikutip. Seperti judulnya diubah atau kata-katanya yang dilebih-lebihkan. "Saya percaya, rekan-rekan wartawan pasti menyampaikan berita secara berimbang," ujarnya.

Baca juga: DUGAAN PENCEMARAN NAMA BAIK: BAHU Nasdem Dampingi Dua Saksi ke Polres Pessel

Laporan ke penyidik Polri ini, menurut Irwan, untuk membidik penulis buku tersebut dan siapa dibelakang atau yang membiayai terbitnya buku itu. (Baca: Cagub dari PKS Lapor Pencemaran Nama Baik ke Polda Sumbar)

"Saya mengimbau media maupun wartawan juga ikut melaporkan, kalau seandainya ada berita ataupun tulisan yang dikutip dan diubah si penulis di buku itu," ujarnya.

Laporan Irwan ke Polda, diterima Kepala SPK, Kompol Budi Prayitno. Setelah dibuatkan laporan tuntasnya, SPK akan meneruskan berkasnya ke penyidik di Reskrim Polda Sumbar. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: