Jemari Sakato Fasilitasi Lokakarya PRB, Nefri: Wujudkan Daerah Tangguh Bencana

Minggu, 24 April 2022, 15:22 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Jemari Sakato Fasilitasi Lokakarya PRB, Nefri: Wujudkan Daerah Tangguh Bencana
Kepala BPBD Pasaman Barat, Nefri dan fasilitator dan peserta Lokakarya Pengurangan Resiko Bencana (PRB) foto bersama usai pelatihan, Rabu.

Hari pertama lokakarya dipaparkan materi tentang program pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan masyarakat tangguh bencana, peran FPRB dalam mewujudkan masyarakat tangguh bencana.

Kegiatan hari kedua, membahas APBN nagari dalam upaya mewujudkan masyarakat tangguh bencana.

Nagari atau Desa Tangguh Bencana (Destana) adalah nagari yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan (melalui perencanaan, penganggaran, dan SDM yang baik) dengan cara beradaptasi dengan ancaman bencana melalui mitigasi yang berbasis kepada kearifan lokal.

Baca juga: Komisi V DPR RI Tinjau Kesiapan Rekonstruksi Imfrastruktur Pascagempa Pasaman dan Pasbar

"Masyarakat semestinya harus dibekali pengetahuan bagaimana perilaku kita menghadapi bencana sehingga kita berharap nagari-nagari yang ada di Kajai ini menjadi nagari pelopor untuk menghasilkan sebuah KRB yang utuh dimasing-masing nagari," harap Nefri.

KRB ini dapat dijadikan panduan bagi nagari dalam menyusun penganggaran untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Destana. Penganggaran tersebut tergantung kepada potensi bencana yang dihadapi nagari.

"Kita harus belajar dari semut karena semut selalu bekerja sama dalam melakukan segala sesuatu. Perencanaan yang baik dibutuhkan kolaborasi multipihak, sehingga akan melahirkan kekuatan" ujar Ahmad Maulana Anshori dalam materinya.

Beberapa hal yang dihasilkan dari pelatihan ini antara lain; terdapatnya gambaran program pemerintah nagari dalam upaya mewujudkan masyarakat tangguh bencana.

Kemudian, adanya kesepakatan langkah-langkah pemerintah nagari dalam upaya mewujudkan masyarakat tangguh bencana.

Harapannya dengan adanya lokakarya ini, memberikan pembekalan mengenai upaya penganggaran APB Nagari terhadap Destana. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: