Tabungan Utsman Diluncurkan, Ini Pendapat Warga Bukittinggi

Rabu, 23 Maret 2022, 23:16 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
Tabungan Utsman Diluncurkan, Ini Pendapat Warga Bukittinggi
Kota Bukittinggi, Erman Safar menanyai calon nasabah Tabungan Utsman, usai peluncuran di Pasar Bawah, Rabu. (hamriadi)

Direktur Utama BPR Syariah Jam Gadang, Feri Irawan mengatakan, pembiayaan dan Tabungan Utsman diharapkan jadi salah satu jalan menolong masyarakat yang berusaha mencari nafkah dengan menghindari jalur rentenir dan riba.

"Sesuai namanya, Utsman Bin Affan yang mewakafkan hartanya yang merupakan pengusaha dan penolong terkenal serta salah seorang sahabat nabi besar Muhammad, kita harap masyarakat terbantu dengan ini," kata Feri.

Menurutnya, tabungan Utsman jadi media pencicil dari pembiayaan Utsman yang diberikan dengan plafon pinjaman hingga Rp20 juta.

Baca juga: Erman Safar Serahkan Hibah Rp5 Miliar untuk Pembangunan Masjid Jami' Mandiangin

"Yang kita publish Rp10 juta, sesuai kapasitas saat ini dengan syarat Kartu Tanda Penduduk dan tempat usaha di Bukittinggi tentunya," terang dia.

Feri juga mengatakan saat ini BPR Syariah Jam Gadang memiliki 32 orang karyawan dan 5 kantor. Hingga 31 Desember 2021, total nasabah tabungan sebanyak 22.198 rekening yang masih aktif. Saat ini juga terdapat 107 pemegang saham.

Menurutnya, untuk tahun 2022 ini BPRS Jam Gadang menargetkan laba sebesar Rp1,2 miliar lebih.

Akad Syariah

Dikatakan Erman Safar, Tabungan Utsman ini sistemnya masyarakat menabung dan bisa menerima pinjaman dimuka dengan akad pinjaman syariah tanpa ada riba di dalamnya. Karena, nasabah akan menabung cicilan pokoknya saja setiap harinya.

Seluruh biaya ditanggung Pemko melalui APBD Bukittinggi. Jika peminjaman, tentunya ada marginnya tapi margin tersebut akan dibayarkan pemerintah. Intinya, semua biaya yang ditimbulkan akan ditanggung Pemko Bukittinggi

Jika ada kelebihan pembayaran, tidak akan dimanfaatkan BPRS, tapi langsung masuk tabungan nasabah secara otomatis dengan adanya Tabungan Utsman.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: