Liputan Khusus HJK Bukittinggi ke-237: Erman Safar Paparkan Program Bukittinggi Hebat di Tahun Anggaran 2022

Rabu, 22 Desember 2021, 16:34 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Liputan Khusus HJK Bukittinggi ke-237: Erman Safar Paparkan Program Bukittinggi Hebat di...
Wali Kota Bukittiggi, Erman Safar bersama Marfendi (Wawako), foto bersama dengan pimpinan dan anggota DPRD serta Forkopimda usai paripurna istimewa tentang Hari Jadi Kota ke-237 Tahun 2021, Rabu. (hamriadi)

Kemudian, hebat dalam sektor kesehatan dan lingkungan hidup diwujudkan dengan menambah peserta penerima bantuan iuran jaminan kesehatan yang didaftarkan Pemko sebagai bentuk komitmen dari pemerintah untuk mencapai universal health coverage (UHC).

"Di tahun 2022, ditambah 4.000 penduduk sebagai peserta jaminan kesehatan dengan nama Program Jaminan Kesehatan Bukittinggi Hebat. Dengan begitu, kepesertaan BPJS masyarakat Bukittinggi sebanyak 13.200 jiwa dengan total anggaran Rp5,651 miliar," ungkap Erman.

Sedangkan untuk peningkatan pelayanan bidang lingkungan hidup khususnya layanan kebersihan, ungkap Erman, dimasing-masing kecamatan dan kelurahan akan ditempatkan petugas penanganan prasarana dan sarana umum yang pengaturan kerjanya dikelola oleh kecamatan dan kelurahan.

Baca juga: Erman Safar Utus Sekretaris Gerindra Bukittinggi Ambil Formulir Bacalon Wali Kota ke Partai Demokrat

Hebat dalam sektor kepariwisataan, seni budaya dan olahraga diwujudkan dalam sejumlah kegiatan. Di sektor pariwisata, mulai dilakukan penataan pelaku usaha yang mendukung wisata melalui kerjasama dengan Bank Nagari dalam penerbitan Kartu Pahlawan Wisata yang juga mencakup penataan pelaku seni.

Di bidang olahraga, bersama KONI Bukittinggi menjadikan salah satu olah raga prioritas adalam cabang olahraga sepakbola. "Sebagai kado Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-237, pemuda kita yang tergabung dalam PSKB telah mampu menembus partai final Liga 3 PSSI," ungkap Erman.

"Kami mohon doa dan restu masyarakat, semoga di laga final yang akan digelar besok, PSKB mampu menorehkan prestasi jadi jawara Liga 3 PSSI Sumbar untuk kemudian bersiap memasuki Liga 2 PSSI," tambahnya.

Hebat dalam tata kelola pemerintahan, diwujudkan dalam penilaian terhadap inovasi daerah yang tercatat di 2021 sebanyak 99 inovvasi. Di tahun anggaran 2022 nanti, sekitar 125 inovasi daerah akan dilahirkan dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan yang baik.

"Pemko juga merancang sistem informasi Bukittinggi Hebat. Yaitu, sistem informasi terintegrasi dalam rangka mendorong transformasi pelayanan publik berbasis digital sebagai upaya dalam menyusun big data terpadu pemerintah daerah yang dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan kebijakan pembangunan," ungkap Erman.

Hebat dalam sektor sosial kemasyarakatan, diwujudkan dalam bentuk pengembangan pendidikan tahfidz dengan konsep 1 pondok tahfidz per kelurahan. "Di tahun anggaran 2022, biaya operasional dan penyelenggaraan rumah tahfidz antara 3 sampai 6 unit yang tersebar di 3 kecamatan akan difasilitasi Pemko," tukas Erman.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: