Liputan Khusus: Benteng Ford de Kock dan Jl Perintis Kemerdekaan akan Direvitalisasi untuk Perkuat Pariwisata

Jumat, 10 Desember 2021, 00:17 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Liputan Khusus: Benteng Ford de Kock dan Jl Perintis Kemerdekaan akan Direvitalisasi...
Wako Bukittinggi, Erman Safar bersama Marfendi (Wawako Bukittinggi).

Tokoh masyarakat Kurai, AA Dt Nan Angek menilai, secara visi misi, H Erman Safar telah melibatkan niniak mamak dalam pembangunan terutama di sektor pariwisata.

"Iven yang mengangkat budaya Bukittinggi jadi andalan pariwisata, sampai saat ini belum terwujud mungkin karena terkendala pandemi Covid19," ungkapnya.

Sedangkan daya tarik budaya yang bisa dikemas untuk wisatawan, salah satunya yakni acara pernikahan. Mulai dari acara tunangan hingga akad nikah dan pesta yang menggunakan seni anak nagari berupa randai, saluang dan tari piring, merupakan potensi yang belum digarap.

"Ini sudah tergabung dalam visi misi Erman Safar-Marfendi dengan harapan, diupayakan anggarannya di tahun 2022," ungkap Inyiak Dt Nan Angek.

Dia berharap, ninak mamak di Bukittinggi, bersenergi dengan pemerintah. Istilahnya,Bajanjang Naik, Batanggo Turun, Bapucuak Bulek Baurek Tunggang. Dimana, niniak mamak berfunsi sebagaiPai Tampek Batanyo, Pulang Tampek Babarito.


"Selama ini diperhatikan, pelibatan niniak mamak dalam pembangunan sudah ada sejak wali kota dijabat Pak Djufri. Di era Pak Ismet Amzis, peran niniak mamak lebih banyak dilibatkan dalam kegiatan seremonial. Di era wali kota dijabat Pak Ramlan Nurmatias, keterlibatan niniak mamak makin kecil untuk ikut berkontribusi pada proses perencanaan pembangunan," ungkap dia.

Di Bukittinggi ini, terang dia, ada gelar datuak bukan seorang niniak mamak. Dulunya, ninik mamak di Kurai ini sebanyak 126. Sedangkan sekarang, diperkirakan ada 200 niniak mamak.

"Niniak mamak yang ratusan ini, dapat bersinergi dengan pemerintah seperti memberikan fasilitator dan mediasi yang berfungsi dalam rangka pembangunan Bukittinggi," ungkapnya. (adv)

Halaman:
1 2 3

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: