Andani Eka Putra Rancang Alat Pendeteksi Covid19 untuk Swab PCR maupun Antigen

Senin, 29 November 2021, 23:03 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Andani Eka Putra Rancang Alat Pendeteksi Covid19 untuk Swab PCR maupun Antigen
Tenaga ahli Menteri Kesehatan (Menkes) Bidang Penanganan Pandemi Covid19, Andani Eka Putra (baju putih) saat jadi pembicara pada sosialisasi pencegahan dan pengendalian Covid19 melalui penceramah agama/mubaligh yang digelar Dinas Kesehatan Sumbar di Padan

PADANG (29/11/2021) - Tenaga ahli Menteri Kesehatan (Menkes) Bidang Penanganan Pandemi Covid19, Andani Eka Putra menegaskan, dirinya tak akan jadi profesor sebelum berbuat nyata untuk masyarakat.

"Dalam waktu dekat, saya sudah merancang alat pendeteksi Covid untuk Swab PCR maupun Antigen. Doakan alat yang saya buat ini segera terealisasi," ungkap Andani saat jadi pembicara pada sosialisasi pencegahan dan pengendalian Covid19 melalui penceramah agama/mubaligh yang digelar Dinas Kesehatan Sumbar di Padang, Senin.

Selain bicara rancangannya tentang alat pendeteksi, Andani juga tidak menafikan, ada pihak yang memanfaatkan situasi pandemi Covid19 ini.

"Soal swab dan vaksin, saya tidak menampik, ada yang memanfaatkan situasi untuk berbisnis. Namun, perlu saya tegaskan, vaksin ini sangat anjurkan sebagai ikhtiar dalam hidup ini," tegas Andani yang juga Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas (Unand).

Baca juga: Korps Mubaligh Muhammadiyah Nanggalo Berbagi Paket Lebaran untuk 50 Anggota

Dikesempatan pertemuan dengan para mubaligh ini, Andani juga mengungkapkan keheranannya terhadap sikap masyarakat terhadap penyebaran virus corona ini. "Pandemi Covid19 yang segera memasuki tahun ketiga, masih ada masyarakat yang tak mempercayainya," ungkap dia.

"Padahal, kejadiannya nyata di depan mata kita semua. Saat Covid19 melonjak naik, rumah sakit dimana-mana penuh," ungkap Andani saat jadi pembicara pada

Sosialisasi ini telah dimulai sejak Kamis (25/11/2021), di Hotel Rocky, Padang. Pesertasnya berjumlah 100 orang terdiri dari mubaligh dari Kota Padang, Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Untuk gelombang ke-2, Senin (29/11/2021), di Hotel Rocky, Padang. Peserta berjumlah 100 orang yang merupakan mubaligh dari Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Baca juga: 350 Warga Padang Terdapak Covid19, Amasrul: Tokoh Agama, Bantulah Pemerintah

Gelombang ke-3 akan digelar Selasa (30/11/2021), bertempat di Hotel Rocky, Padang. Peserta berjumlah 100 orang mubaligh dari Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: