Generasi Muda RT 05 Gunung Sarik Hijaukan Lingkungan dengan Tanaman Produktif

Minggu, 05 September 2021, 23:32 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Generasi Muda RT 05 Gunung Sarik Hijaukan Lingkungan dengan Tanaman Produktif
Ikatan pemuda-pemudi RT 05 Kampung Baru, Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji foto bersama jelang aksi tanam pohon penghijauan di lingkungan tempat tinggal mereka, Ahad pagi. (istimewa)

PADANG (5/9/2021) - Ikatan pemuda-pemudi RT 05 Kampung Baru, Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, menggelar gerakan sosial aksi hijau cinta lingkungan bertemakan "Selamatkan Bumi di Masa Pandemi" yang dipusatkan di RT 05, Sabtu hingga Ahad (4-5/9/2021).

Kegiatan aksi hijau gerakan cinta lingkungan ini diawali dengan acara audiensi bersama Anggota DPRD Padang, Ja'far Rajo Bungsu yang juga merupakan petani muda milineal dan mempunyai program semangat menanam satu juta tanaman produktif di Kota Padang.

"Alam takambang jadi guru, bukanlah sekadar pepatah, tapi fakta yang sesungguhnya. Alam telah memberikan apa yang kita butuhkan sebelum kita minta, alam telah memberikan kehidupan kepada kita," terangnya.

Dikatakan, RT 05 Kampaung Baru Gunung Sarik ini merupakan lokasi kelima semangat menanam satu juta tanaman produktif di Kota Padang. "Mudah-mudahan berbuah lebat dan bisa menekan debit air, sehingga dapat mengurangi banjir di RT 05 Kampung Baru Gunung Sarik ini," ungkapnya.

Baca juga: Biofarma Tanam 600 Tanaman Mangrove Jenis Rhizophora di Pantai Kerawang

Sementara, Lurah Gunung Sarik, Zahardi mengapresiasi aksi sosial yang digelar pemuda-pemudi RT 05. Ia berharap, kegiatan ini bisa ditiru RT lain, sehingga berdampak positif bagi masyarakat banyak.

"Semoga gerakan ini dapat memotivasi tempat lain terutama di Lurah Gunung Sarik. Selain itu, aksi hijau ini juga langkah panjang dalam penanggulangan banjir, karena akar pinang ini bisa menyerap air dalam tanah dan bisa mengurangi resiko banjir," imbuhnya.

Sementara itu, pelopor yang memotori acara, Hanny Tanjung didampingi Desi Mutia yang juga merupakan ketua pemuda-pemudi RT 05 mengatakan, aksi hijau melakukan penanaman pohon produktif ini dalam rangka mendorong masyarakat cinta terhadap lingkungan hidup.

"Di RT 5 ini sering terjadi banjir. Sementara, irigasi belum ada. Maka ditanam pohon pinang super batara, mudah-mudahan bisa menyerap air hujan dan mengurangi resiko banjir ke depan," harapnya.

Baca juga: YHLI Ajak Anggota Porbbi Tanam 1.000 Tanaman Produktif di Salingka Danau Maninjau

Aksi hijau ini difasilitasi puluhan bibit pinang super batara oleh Ja'far Rajo Bungsu. Bibit tanaman tersebut ditanam di sepanjang jalan Kampung Baru.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: