Biofarma Tanam 600 Tanaman Mangrove Jenis Rhizophora di Pantai Kerawang

Senin, 13 Februari 2023, 13:23 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Biofarma Tanam 600 Tanaman Mangrove Jenis Rhizophora di Pantai Kerawang
Bio Farma bersama 31 perusahaan lainnya yang tergabung dalam Forum CSR Tenant Indotaisei berkolaborasi dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai Karawang. (humas)

KARAWANG (11/2/2023) - Bio Farma, induk Holding BUMN Farmasi, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bekerja sama dengan Forum CSR Tenant Indotaisei dalam penanaman mangrove untuk Pesisir Pantai di Desa Muarabaru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang.

Kegiatan penanaman mangrove juga turut dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang dan juga beberapa perusahaan lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih ke holding BUMN Farmasi, yang telah memberikan kontribusi atau dukungan dari dunia industri, untuk kegiatan-kegiatan yang menurut kami sangat penting yaitu untuk menjaga garis di pesisir pantai. Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat baik manfaat secara lingkungan juga manfaat dari sektor ekonomi," ungkap Kepala Bappeda Karawang, Dindin Rachmadhy saat memberikan sambutan.

Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyampaikan, Bio Farma memiliki komitmen yang kuat dalam melestarikan lingkungan.

Baca juga: YHLI Ajak Anggota Porbbi Tanam 1.000 Tanaman Produktif di Salingka Danau Maninjau

"Kegiatan penanaman mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan ini, bukan kali pertama bagi Bio Farma, sebelumnya Bio Farma juga terus aktif dan berkomitmen dalam mendukung pelestarian lingkungan salah satunya dalam rangka peringatan Hari Lahan Basah Sedunia yang jatuh setiap bulan Februari," ungkap Honesty.

"Bio Farma telah melakukan penanaman 2000 pohon keras di Gunung Masigit Kareumbi dengan tujuan memperbaiki fungsi hutan dan membantu air agar terserap ke dalam tanah" tambah dia.

Dalam sambutannya, Ketua Forum CSR Tenant Indotaisei, Syaipul Alamsyah menyampaikan, pemilihan Muarabaru sebagai lokasi penanaman mangrove, karena kekhawatiran dengan sudah banyaknya contoh pesisir di wilayah lain yang sudah mengalami abrasi.

Penanaman mengrove ini, diharapkan dapat mencegah terjadinya abrasi yang mengancam masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir pantai.

Baca juga: Bio Farma Tanam 10 Ribu Bibit Pohon Mangrove di Subang

Selain bekerja sama dengan perusahaan dan pemerintah daerah setempat, forum CSR Tenant Indotaisei juga bekerja sama dengan komunitas lingkungan yaitu Cipta Pesona Desa dalam mengadakan kegiatan penanaman mangrove.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: