260 Vial Vaksin Moderna Tersedia untuk Masyarakat Mentawai

Sabtu, 21 Agustus 2021, 16:17 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
260 Vial Vaksin Moderna Tersedia untuk Masyarakat Mentawai
Kegiatan vaksinasi Covid19 di Panti Asuhan KAUM Sipora, Mentawai. (fb jefri s kayai)

MENTAWAI (20/8/2021) - Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten kepulauan Mentawai, jalani vaksinasi tahap ke-3, Jumat. Mereka akan disuntik Vaksinasi Covid19 jenis Moderna, yang merupakan produk Amerika Serikat.

Vaksin Covid19 Moderna yang telah sampai di Mentawai, sebanyak 190 vial (1.290 orang) bagi Nakes yang sudah divaksin tahap satu dan dua. Ikut serta di dalamnya, tim medis di rumah sakit, sopir, Satpam, cleaning servis dan lainnya.

"Sebelumnya, Vaksin Moderna hanya dikhususkan bagi Nakes sebagai vaksin kesatu, dua dan ketiga. Sekarang ini, bagi masyarakat umum telah dibolehkan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar.

Dikatakan, kalau sudah diberikan vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang pertama dan kedua, maka untuk vaksinasi tahap ketiga tetap harus pakai Sinovac. Tidak boleh dicampur. Begitu juga dengan vaksin moderna, tetap sama diberikan sampai tahap ketiga.

Baca juga: TNI AL Kirim KRI Bontang untuk Vaksinasi Covid19 di Tua Pejat Sabtu Depan

Sementara, vaksin Covid19 jenis moderna untuk masyarakat umum, juga tersedia sebanyak 70 vial atau (sepuluh kali suntikan itu satu vial) untuk vaksinasi pertama. Ini diperuntukkan untuk usia minimal 18 tahun.

Untuk capaian vaksin pertama, kata Lahmudin, yang sudah dilakukan hingga 19 Agustus 2021, sebanyak 18.901 orang atau sekitar 25,4 % yang sudah menerima vaksin tahap satu. Sedang yang sudah menerima vaksin tahap kedua 9.357 orang 12,57 %.

"Vaksinasi Covid-19 Moderna pada Jumat ini sedang berlangsung di Desa Betumonga, Kecamatan Sipora Utara. Ini dilaksanakan oleh tim Dinas Kesehatan Mentawai," terangnya.

Walaupun sudah melakukan vaksinasi Covid-19, harap dia, semua pihak mesti selalu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Yakni memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan. (dni)

Baca juga: Kadinkes Mentawai Tinjau Vaksinasi Presisi di SMAN Plus Setia dan Ponpes Hidayatullah

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: