Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II Sesuai Diprediksi

Kamis, 05 Agustus 2021, 18:01 WIB | Kabar Daerah | Nasional
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II Sesuai Diprediksi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

JAKARTA (5/8/2021) - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia berhasil tumbuh positif mencapai 7,07 persen (yoy) pada triwulan II-2021, dibandingkan periode sama tahun lalu. Pertumbuhan perekonomian ini sesuai prediksi pemerintah sejak awal triwulan II 2021 kemarin.

"Kalau dibandingkan dengan triwulan II-2020 atau secara year on year (yoy), maka ekonomi Indonesia tumbuh 7,07 persen," kata Kepala BPS, Margo Yuwono saat konferensi pers di Jakarta, Kamis siang.

Margo menilai, pertumbuhan ini dilatarbelakangi upaya pemerintah menjalankan program vaksinasi. Hal itu mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk melakukan mobilitas.

Selain itu, BPS menyebut pertumbuhan juga dipengaruhi perbaikan ekonomi global terutama beberapa negara yang jadi mitra dagang Indonesia. Misalnya, pertumbuhan ekonomi Cina mencapai 7,9 persen, Singapura 14,3 persen, Korea Selatan 5,9 persen dan Vietnam 6,6 persen.

Baca juga: Program Kreasimuda Jauh Lampau Target

"Pulihnya ekonomi pada negara yang jadi mitra dagang kita itu, mendorong permintaan luar negeri sehingga ekspor kita meningkat," ujarnya.

Sebelumnya, BPS mencatat terjadi kontraksi dalam perekonomian Indonesia pada triwulan I-2021 yaitu minus 0,74 persen sehingga secara kuartal (qtq) ekonomi naik sebesar 3,31 persen pada triwulan II-2021.

Pencatatan di zona positif ini merupakan yang pertama kalinya sejak ekonomi Indonesia terkontraksi pada triwulan II-2020 yakni hingga mencapai 5,32 persen.

Ekonomi mulai terkontraksi sebagai akibat dari berbagai kebijakan pemerintah di awal pandemi Covid19 yang salah satunya berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: POJK Perlindungan Konsumen Diterbitkan, Ini Target OJK

Meski masih tumbuh pada zona negatif, terdapat tren pembalikan pada berbagai indikator ekonomi Indonesia pada kuartal selanjutnya karena kinerja ekonomi terus memperlihatkan adanya kenaikan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: