Mentawai Bersiap Memasuki Industri Pengolahan

Selasa, 09 Maret 2021, 22:13 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Mentawai Bersiap Memasuki Industri Pengolahan
Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet memaparkan substansi rencana pembangunan ekonomi masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi pada Rakor Kepala Daerah se-Sumbar.

Menurutnya, diperlukan peningkatan pengolahan hasil-hasil pertanian dan perikanan agar terwujud perubahan struktur ekonomi Mentawai dari struktur ekonomi primer (pertanian dan perikanan) ke arah industri pengolahan.

"Dalam mewujudkan transformasi ekonomi, memerlukan ketersediaan infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan, sarana transportasi, ketersediaan air bersih dan energi," ungkap Yudas, Selasa (9/3/2021).

Prasyarat itu, terangnya, jadi hambatan utama di Mentawai. Oleh sebab itu, penyediaan infrastruktur dasar maupun pendukung ekonomi, masih menjadi program utama kabupaten kepulauan Mentawai saat ini.

Baca juga: 16 Klub Ikuti Turnamen Sepakbola Bupati Mentawai Cup

Pada kesempatan ini, Yudas berharap, ada dukungan dari Pemprov Sumbar melalui infrastruktur lainnya seperti Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendekatan-pendekatan ekonomi kerakyatan.

Sementara, untuk pembangunan Bandara Rokot,
bisa selesai dalam waktu 2-3 tahun mendatang yang tidak terlalu bermasalah. Saat ini, Pemkab Mentawai telah mempersiapkan lahan, sedangkan untuk masalah pembiayaan itu dari pemerintah pusat.

Yudas bersyukur, Pemprov Sumbar memberi dukungan dalam pembangunan Mentawai.

Sedangkan untuk Trans Mentawai panjangnya 360 Km yang saat ini masih dalam tahap pembukaan. Sementara untuk Pulau Sipora, dijelaskan Yudas hampir semua desa sudah bisa dilalui lewat darat. Yang masih ada kendala saat ini adalah di Pulau Siberut.

Baca juga: 3 Anggota DPRD Mentawai Dicokok Pesta Narkoba Bersama Seorang Kontraktor

Dimana Pulau Siberut, pulaunya besar dan banyak penduduk bermukim di situ. Yudas berharap, masalah di Siberut dapat diselesaikan dengan cepat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: