Kerjasama Kanwilkumham dan BNNP Sumbar: Ratusan Napi Ikuti Program Rehabilitasi Sosial dan Medis

Rabu, 20 Januari 2021, 18:19 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Kerjasama Kanwilkumham dan BNNP Sumbar: Ratusan Napi Ikuti Program Rehabilitasi Sosial...
Kakanwilkumham Sumbar, R Andhika Dwiprasetya didampingi Kadivpas Budi Situngkir, Ka Lapas Muaro Padang Era Wiharja dan Kabid Rehabilitasi BNNP Sumbar Josra Maidi foto bersama dengan pendamping dan peserta program Rehabilitasi Sosial dan Medis warga binaan
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebanyak 320 orang napi mengikuti program rehabilitasi sosial dan medis yang diadakan Kanwilkumham Sumbar di Lapas Kelas II A Muaro Padang, Rabu (20/1/2020).

Kegiatan rehabilitasi ini dibuka Kepala Kanwilkumham Sumbar, R Andhika Dwiprasetya yang ditandai dengan penyerahan tanda dan buku panduan program secara simbolis kepada peserta dan pendamping program.

Dalam sambutannya, Andhika mengatakan, kegiatan ini dicanangkan oleh pemerintah pusat dan Lapas Muaro Padang merupakan salah satu yang ditunjuk untuk melaksanakan program tersebut.

Menurutnya, program rehabilitasi ini sangat penting dilakukan guna mempersiapkan para napi agar memiliki bekal jika nanti bebas dan kembali ke masyarakat.

Baca juga: Perkara Narkoba Mendominasi Pidana Umum yang Ditangani Kejari Pasbar

"Melalui program ini kita harapkan para napi (mantan pecandu narkoba) jika bebas nanti memiliki bekal ketrampilan sehingga dapat kembali produktif," ujar Andhika.

Sementara, Ka Lapas Muaro Padang, Era Wiharja mengatakan, para peserta terdiri dari para napi mantan pecandu narkoba yang mendekati masa akhir hukuman.

Menurut dia, selain dibekali dengan keterampilan, juga diberikan pembekalan rohani sehingga mereka benar-benar dapat menyadari kesalahan dan tidak mengulangi lagi.

"Rehabilitasi sosial kita lakukan dengan memberi mereka bekal ketrampilan serta siraman pengetahuan agama, sementara rehabilitas medis kita melibatkan dokter guna memberikan perawatan serta terapi agat mereka benar-benar bebas dari kecanduan narkoba," papar Era.

Baca juga: Sumbar Luncurkan Gerakan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, ASN dan Pelajar akan Jalani Test Urine

Kegiatan program Rehabilitasi sosial dan medis ini juga bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Provinsi Sumatera Barat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: