12 Mahasiswa IAIN Batusangkar Ikuti Pilmapres

Senin, 02 November 2020, 22:43 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
12 Mahasiswa IAIN Batusangkar Ikuti Pilmapres
Wakil Rektor III IAIN Batusangkar, Dr Sirajul Munir memberikan arahan pada pembukaan pembekalan peserta dalam kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020 IAIN Batusangkar, Senin (2/11/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Sebanyak 12 mahasiswa/wi terbaik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, mulai Senin (2/11/2020) masuk babak pembekalan peserta dalam kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020.

Dalam pembekalan ini, peserta akan menerima beberapa materi dalam menunjang pengembangan soft skill seperti kemampuan komunikasi, kerjasama, berfikir kritis, kreatifitas, kepercayaan diri, kegigihan, kepedulian dan kepemimpinan.

Karatina pemilihan mahasiswa berprestasi yang dibuka Wakil Rektor III IAIN Batusangkar, Dr Sirajul Munir ini, tentunya akan memberikan ide-ide kreatif, aktivitas bagi mahasiswa itu sendiri, yang akan menimbulkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, disetiap mahasiswa.

Selain itu, akan menambah nilai prestasi mahasiswa, rekognisi dan kepemimpinan dalam tubuh mahasiswa IAIN Batusangkar tentunya.

Baca juga: TBM Rimba Bulan Dibekali Ilmu Manajemen Perpustakaan dan Penataan Buku

"Walaupun Pandemi Covid19 masih belum usai melanda Indonesia bahkan dunia, namun tidak mengurangi kreatifitas dan inovasi mahasiswa berhenti," tegas Munir.

Dia menekankan, mahasiswa tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan gigih.

Karena, era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang.

Sementara itu, Rektor IAIN Batusangkar, Dr Marjoni Imamora mengatakan, kegiatan ini sangat strategis dalam memfasilitasi mahasiswa unggul yang memiliki tiga kecerdasan (intelektual, emosional, dan spiritual).

Baca juga: IAIN Batusangkar dan STAIN Madina Jalin Nota Kesepahaman

Di sinilah fungsi dari pada pendidikan dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak setiap mahasiswa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam kehidupan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: