PABK IAIN Batusangkar 2020, Marjoni: Digelar secara Daring

Jumat, 18 September 2020, 07:34 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
PABK IAIN Batusangkar 2020, Marjoni: Digelar secara Daring
Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma bersama Marjoni Imamora (rektor IAIN Batusangkar) dan jajaran, saat opening ceremony PBAK di kampus II IAIN Batusangkar, Kamis (17/9/2020). (jheni rahmad/valoranews)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) wajib diikuti bagi mahasiswa baru di kampus setiap tahunnya. Hal ini guna memberi pengetahuan bagi mahasiswa agar memahami dan mengenal proses serta mekanisme yang berlaku di kampus.

Mahasiswa perlu memahami dan mengenal fasilitas dan sarana akademik yang tersedia di kampus. Kemudian, mahasiswa baru perlu memperoleh kompetensi agar mahasiswa dapat mengembangkan budaya kampus dan berkarakter.

IAIN Batusangkar pun melaksanakan PBAK bagi 1.955 orang mahasiswa baru angkatan 2020 dan 2 orang angkatan 2019, karena gagal mengikuti pada tahun lalu.

Hal itu disampaikan Ketua pelaksana PBAK 2020 IAIN Batusangkar, Elda Herlina ketika opening ceremony PBAK di kampus II IAIN Batusangkar, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: Tanahdatar Sosialisasikan Manfaat Vaksin Covid19

"Dari total 1.957 mahasiswa yang mengikuti PBAK ini terbagi ke dalam empat fakultas yakni 680 untuk Fakultas Tarbiah, 608 (Fakultas Ekonomi Bisnis Islam), 272 (Fakultas Syariah) serta 255 (Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah)," sebutnya.

Untuk agenda acara PBAK yang dilaksanakan secara daring atau online dan diikuti mahasiswa dari berbagai provinsi itu, disampaikan Elda selama dua hari. Untuk hari pertama pembekalan tingkat institusi dan hari kedua pembekalan pada masing-masing fakultas dan jurusan.

Sementara, Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma yang hadir saat opening ceremony itu sampaikan apresiasi pelaksanaan PBAK IAIN Batusangkar. Menurut dia, sebagai salah satu PTKIN terbesar di Sumatera Barat dan memiliki jurusan atau program studi dengan akreditasi A terbanyak, sangat sejalan dengan salah satu dari lima program unggulan daerah Tanahdatar yaitu pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Pembangunan SDM, Insyaa Allah melalui IAIN Batusangkar akan lahir generasi yang cerdas, tangguh, kompetitif dan akan mendukung visi misi daerah, khususnya Tanahdatar dan daerah asal para mahasiswa kita pada umumnya," sebut dia.

Baca juga: Gubernur Sumbar Sampaikan Terimakasih untuk Irdinansyah Tarmizi: Zuldafri Darma Dilantik jadi Bupati Tanahdatar

Kepada mahasiswa, dia juga mengimbau dan memberikan motivasi, untuk giat menuntut ilmu, karena para mahasiswa sebagai generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan yang memiliki gagasan dan ide-ide cemerlang untuk kemajuan daerah.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: