Masjid Al-Amin Lima Kaum Sediakan Wifi Gratis untuk Belajar Siswa

Kamis, 03 September 2020, 21:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Masjid Al-Amin Lima Kaum Sediakan Wifi Gratis untuk Belajar Siswa
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar, Riswandi bersama Wakil Rektor III IAIN Batusangkar, Sirajul Munir dan jajaran lainnya, menyerahkan bantuan biaya pendidikan di Masjid Al Amin Limo Kaum, Kamis (3/9/2020). (jheni rahmad/valoranews)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Belum dimulainya proses belajar mengajar secara tatap muka di masa kenormalan baru pandemi Virus Corona (Covid19), sistem pembelajaran secara daring (online) yang dipakai, dirasakan ada kendala terutama bagi para orang tua.

Banyak keluhan para orang tua, siswa maupun mahasiswa terutama soal kebutuhan kuota internet. Hal ini memang jadi persoalan, lantaran ekonomi masyarakat yang juga terdampak dari pandemi Covid19.

Untuk mengatasi persoalan ini, Masjid Al-Amin Lima Kaum memberikan solusi dengan menyediakan wifi gratis bagi pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan jaringan internet untuk belajar online.

Pemakaian wifi gratis tersebut diluncurkan, Kamis (3/9/2020) oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar, Riswandi yang juga turut dihadiri Wakil Rektor III IAIN Batusangkar, Sirajul Munir.

Baca juga: Tak Perlu HP dan Kuota, SMPN 4 Padang Panjang Manfaatkan Radio Sekolah di Masa PPKM Darurat

Riswandi atas nama pemerintah daerah, pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi pada pengurus Masjid Al-Amin, yang telah berupaya memberikan internet gratis dan fasilitas layanan belajar online bagi peserta didik di sekitar masjid.

"Terimakasih pada pengurus dan jamaah Masjid Al-Amin, yang telah berinisiasi memberikan solusi di tengah-tengah keterbatasan, baik itu kemampuan para orang tua maupun kemampuan daerah dalam mempersiapkan fasilitas pembelajaran yang semenjak pandemi virus corona terjadi pembatasan terkhusus di bidang pendidikan ini," ucapnya.

Riswandi juga sampaikan, Pemkab Tanahdatar melalui Dinas Kominfo bekerja sama dengan Dinas Pendidikan juga telah memberikan solusi yaitu belajar melalui radio, "guru on air", di LPPL Luhak Nan Tuo 102,5 FM dan juga bisa live streaming diradiolnt.tanahdatar.go.id.

"Hari ini, Masjid Al-Amin hadir di tengah keterbatasan kemampuan orang tua murid dan daerah dengan menyiapkan fasilitas belajar melalui wifi gratis, ini sangat luar biasa dan sangat membantu sekali bagi yang kesulitan jaringan internet," tambahnya.

Untuk sekolah tatap muka, kata Riswandi, belum bisa dilaksanakan mengingat kondisi saat ini masih terjadi penambahan kasus positif Covid19. Jika nanti kondisi makin membaik, sekolah akan kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembelajaran akan dibagi dua shift, pagi dan siang walau nanti kondisi Tanahdatar tergolong zona kuning.

Sebelumnya, Wakil III Rektor IAIN Batusangkar, Sirajul Munir berpesan pada orang tua murid, untuk selalu memberikan pendampingan kepada anak dalam belajar dan dengan adanya wifi gratis di masjid Al-Amin. Fasilitas ini diharapkan dapat membantu meringankan beban para orang tua dan juga siswa yang belajar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: