Tak Perlu HP dan Kuota, SMPN 4 Padang Panjang Manfaatkan Radio Sekolah di Masa PPKM Darurat

Senin, 12 Juli 2021, 18:04 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Tak Perlu HP dan Kuota, SMPN 4 Padang Panjang Manfaatkan Radio Sekolah di Masa PPKM...
Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran mengisi siaran di Radio Resfour 104,5 FM yang dikelola majelis guru SMPN 4. Pembelajaran melalui radio ini, masih untuk siswa kelas VII. Sayangnya, disiplin dalam menjalankan Prokes Covid19 masih belum jadi komitmen u

PADANG PANJANG (11/7/2021) - Optimalkan pembelajaran Daring (dalam jaringan) bagi para siswa selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, majelis SMPN 4 Padang Panjang manfaatkan radio sekolah "Resfour 104,5 FM" sebagai sarana pembelajaran.

Kepala SMPN 4, Leli Suarni menjelaskan, pemanfaatan radio di frekuensi 104,5 FM itu, digunakan untuk proses pembelajaran bagi siswa baru kelas VII, agar bisa tetap melakukan pembelajaran jarak jauh.

"Pemanfaatan Radio Resfour 104,5 FM masih untuk siswa kelas VII. Sedangkan untuk kelas VIII dan IX proses belajar mengajar (PBM) selama PPKM dilakukan secara Daring (dalam jaringan) via whatsapp, video pembelajaran dan zoom meeting," sebutnya.

Mempermudah siswa dalam menerima informasi pembelajaran tanpa harus mengunakan HP dan menghabiskan paket data, Leli mengatakan, proses pembelajaran melalui Radio Resfour akan dimulai Senin (12/7/2021), dengan materi pembelajaran diisi langsung oleh masing-masing guru mata pelajaran.

Baca juga: MUI PESSEL Kerjasama dengan LPPL Radio Langkisau FM

Dikatakannya, selain pembelajaran melalui Radio Resfour, whatsapp dan zoom meeting, siswa juga bisa mendapatkan materi pembelajaran melalui Live Streaming dengan link https://bit.ly/Resfour104,5FM dan FaceBook Spenfour https://www.facebook.com/spenfour.spenfour.18.

"Sebagai bukti siswa mengikuti pembelajaran, maka siswa diharuskan memakai pakaian sekolah selama mengikuti pembelajaran dan mengambil foto selfie sedang mengikuti pembelajaran, kemudian memposting di Facebook masing-masing dan tag/bagikan ke Facebook Spenfour," jelasnya.

Demi kelancaran PBM, Wakil Kurikulum Yessi Novita dan Humas Resfour, Anoto Koto, sudah menyusun jadwal belajar bagi siswa kelas VII di Radio Resfour. Dia berharap selama PPKM, siswa tetap bisa menerima pembelajaran dengan baik walupun secara Daring dan Luring.

"Saya mengharapkan guru, untuk berinovasi dalam pembelajaran. Jadi guru harus kreatif dengan cara Daring dan Luring memberikan materi pada siswa," tambahnya. (kyo)

Baca juga: 15 Penyiar Radio Dikenalkan Cara Cek Fakta, AJI Padang: Upaya Melawan Hoaks

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: