Teknik Industri, Lingkungan dan Mesin Unand Raih Sertifikasi Internasional ABET

Minggu, 30 Agustus 2020, 06:25 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Teknik Industri, Lingkungan dan Mesin Unand Raih Sertifikasi Internasional ABET
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unand, Insannul Kamil. (istimewa)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Program Studi Sarjana (S1) Teknik Industri, Teknik Lingkungan dan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas, meraih akreditasi internasional dari The Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).

"Akreditasi ini disampaikan melalui surat resmi Engineering Accreditation Commission (EAC) ABET pada pimpinan Fakultas Teknik, Universitas Andalas. Alhamdulillah, tiga program studi kita ini berhasil mengikuti torehan program studi serupa di universitas-universitas ternama di seluruh dunia," ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unand, Insannul Kamil dalam pernyataan tertulis, Ahad (30/8/2020).

Menurutnya, pimpinan Unand akan segera menindaklanjuti pengakuan lembaga internasional itu. Catatan yang ada, terang Insannul Kamil, tidak banyak perguruan tinggi yang meraih pengakuan ABET di Indonesia. Hanya ITB, ITS, UGM, Binus, UII dan yang terbaru Unand.

"Kita akan segera mengirimkan surat-surat pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), supaya menerbitkan peringkat akreditasi Unggul (peringkat tertinggi) untuk tiga program studi tersebut sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," ungkap Nanuk, demikian Insannul Kamil karib disapa.

Baca juga: BUPATI PESSEL Ikut Survey Akreditasi RSUD Tapan

ABET adalah badan akreditasi internasional yang berbasis di Amerika Serikat, untuk program pendidikan tinggi di bidang ilmu pengetahuan alam, komputer, teknik dan engineering technology. Lembaga ini mengakreditasi program pendidikan tinggi di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Terbitnya pengakuan akreditasi ABET ini, ungkapnya, sekaligus menandakan bahwa proses pendidikan yang berlangsung di tiga program studi Fakultas Teknik Unand, telah mencapai kesetaraan dengan program studi serupa di universitas-universitas ternama di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

"Untuk lulusan tiga program studi tersebut, ini membuka kesempatan yang sangat luas untuk bersaing di kancah internasional. Bagi program studi, ini akan menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa terbaik di Indonesia dan luar negeri untuk menimba ilmu di Fakultas Teknik Unand," ungkap Nanuk yang juga Dekan Fakultas Teknik Unand periode 2016-2020.

Diungkapkan, upaya mendapatkan akreditasi ABET ini, sudah dirintis sejak 2016 lalu. Tiga program studi tersebut, memulai dengan mempelajari delapan kriteria akreditasi ABET. Mulai dari kriteria mahasiswa, kurikulum, program perbaikan berkelanjutan, sampai dukungan universitas.

Baca juga: Tim Surveyor Reakreditasi RSUD Pasbar Lakukan Verifikasi Lapangan

Sejak itu, perubahan-perubahan besar dan mendasar mulai dilakukan sehingga proses pendidikan yang berlangsung, sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan ABET. Perbaikan berkelanjutan, juga terus dilakukan terutama dalam mengukur dan memantau tingkat ketercapaian capaian pembelajaran oleh mahasiswa.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: