Wabup Tanahdatar Tinjau Lokasi Bencana Alam

Jumat, 05 Juni 2020, 08:23 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Wabup Tanahdatar Tinjau Lokasi Bencana Alam
Wabup Tanahdatar, Zuldafri Darma didampingi Novi Hendri (Kadis PU) dan pejabat BPBD, meninjau lokasi bencana alam, Jumat (5/6/2020) usai shalat Jumat. (jheni rahmad/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Intensitas hujan yang tinggi dalam sepekan terakhir, menyebabkan beberapa daerah mengalami longsor dan banjir di berbagai daerah di Sumatera Barat termasuk di Kabupaten Tanahdatar.

Salah satunya terjadi longsor yang membuat areal badan jalan di Jorong Bonai Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan.

Bedasarkan laporan dari masyarakat melalui media sosial, Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma lakukan peninjauan ke lokasi longsor didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Novi Hendri dan BPBD, Jumat (5/6/2020) usai shalat Jumat.

Zuldafri meninjau dua lokasi, pertama bahu jalan terban sepanjang 30 meter ruas jalan simpang MTsN 17 Tanahdatar ke kantor walinagari III Koto. Kedua, ruas jalan Galogandang menuju Padang Lua (puncak pas). Di lokasi ini, bahu jalan terban sepanjang 25 meter tepatnya di depan Masjid Tauhid, Jorong Bonai Padang Lua.

Baca juga: Pemkab Agam Akselerasi Pembangunan Rumah Relokasi untuk Korban Banjir Bandang Agam

Berdasarkan pantauan di lapangan, longsor terjadi karena intensitas hujan yang tinggi dan resapan air yang tidak teraliri dengan baik dan membuat terjadinya pergerakan tanah yang tidak kuat menahan beban jalan.

Zuldafri saat meninjau lokasi, kejadian yang tidak diduga-duga ini, akibat intensitas hujan yang tinggi dan lebat, selain bahu jalan yang terban banyak daerah di Tanahdatar yang juga harus diwaspadai terjadinya longsor.

Pada saat itu, dia instruksikan Dinas PU, untuk melakukan perbaikan secepatnya, karena akses jalan yang terban arus lalu lintas masyarakt cukup ramai. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat melewati kawasan rawan longsor, jangan sampai terjadi hal yang tidak diingini.

Dia menambahkan, bencana longsor sebelumnya juga melanda kawasan kandang itiak di Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan. Di sini, menyebabkan 5 rumah dan 1 mushalla terdampak, bahkan ada yang rusak berat dan tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Gubernur Sumbar Salurkan 650 Paket PDRP di Rambatan

Di kesempatan itu, dia mengajak masyarakat, meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya banjir dan longsor.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: