Harlah Pancasila ke-75, Dandim: Negara Lain Iri dengan Pancasila

Senin, 01 Juni 2020, 21:38 WIB | News | Kota Payakumbuh
Harlah Pancasila ke-75, Dandim: Negara Lain Iri dengan Pancasila
Dandim 0306/50 Kota, Letnan Kolonel Kav Ferry S Lahe memberikan arahan pada Apel Gabungan Pemko Payakumbuh bersama TNI-Polri di depan Posko Utama Covid19 Payakumbuh, Senin (1/6/2020). (mardikola/valoranews)

VALORAnes - Dandim 0306/50 Kota, Letnan Kolonel Kav Ferry S Lahe menyebut hari lahir Pancasila yang ke-75 Tahun yang jatuh pada 1 Juni 2020 ini menjadi momentum besar bagi sejarah dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dengan telah 3/4 abad umur Pancasila, sebagai bentuk bukti dasar dari kesatuan dan persatuan rakyat Indonesia yang begitu solid. Hikmah dari 75 tahun Pancasila ini dapat kita ambil bahwasanya negara manapun iri dengan kita yang memiliki Pancasila, pemersatu bangsa yang mamiliki beragam suku budaya," ungkap Letkol Ferry dalam sambutannya saat Apel Gabungan Pemko Payakumbuh bersama TNI-Polri di depan Posko Utama Covid19 Payakumbuh, Senin (1/6/2020).

Apel gabungan dengan melibatkan kurang lebih 150 personil TNI, Polri, dan Satpol PP itu dilaksanakan sesuai dengan amanat presiden Republik Indonesia mengusung tema 'Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju'.

"Hari lahir Pancasila ini biasanya setiap tahun kita sambut dengan upacara gabungan, namun karena saat ini Indonesia sedang tanggap darurat bencana Covid19 yang meniadakan aktifitas kerumunan, maka cukup dilaksanakan Apel Gabungan saja dalam tempo yang singkat, namun tidak mengurangi kesan dari momentum HUT Pancasila itu sendiri," kata Letkol Ferry.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Apel gabungan bersama jajaran TNI-POLRI dan Satpol PP itu tetap mengikuti protokol kesehatan Covid19 dengan barisan menjaga jarak sekitar 1 meter perorangnya.

Usai apel dilaksanakan, saat diwawancara, Dandim Letkol Ferry menyampaikan pesan Presiden Jokowi yang mengingatkan tentang tantangan dan kesulitan negara di tengah pandemi Covid19. Presiden Jokowi menegaskan bangsa Indonesia harus optimis dan menjadi pemenang melawan Virus Corona alias Covid19.

"Peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi covid-19 yang menguji daya juang sebagai bangsa. Menguji penngorbanan kita, kedisiplinan, kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang tepat dan cepat," kata Dandim meneruskan pesan Presiden Jokowi.

"Dalam menghadapi ujian tersebut kita bersyukur Pancasila menjadi bintang penjuru menggerakkan semuanya, dalam mengatasi semua tantangan yang kita hadapi, nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata. Pancasila harus menjadi nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

Dandim juga mengajak setiap elemen untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan saling membantu dan bergotong royong, serta selalu optimis, bangsa kita adalah bangsa pemenang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: