Mustahil Larang Perantau Pulang Kampung, Riza: Mohon Tinggal di Karantina atau Isolasi Mandiri

Sabtu, 11 April 2020, 15:39 WIB | News | Kota Payakumbuh
Mustahil Larang Perantau Pulang Kampung, Riza: Mohon Tinggal di Karantina atau Isolasi...
Wako Payakumbuh, Riza Falepi memberikan arahan pada Apel Patroli Berskala Besar (APBB) posko utama tanggap darurat virus Corona (Covid19) Kota Payakumbuh, Jalan Sudirman, depan Pos Lantas Polres Kota Payakumbuh, Sabtu (11/4/2020). (humas)

VALORAnews - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi menegaskan, dirinya tidak bisa melarang warga untuk datang dan pulang dari rantau, karena dari pusat pun juga melakukan hal yang sama. Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, Riza memohon pada perantau yang baru sampai di Kota Payakumbuh, melakukan karantina selama 14 hari di tempat yang telah disediakan.

"Jika tidak mau di karantina di tempat yang telah disediakan, maka harus melakukan isolasi mandiri di rumah yang tentunya dalam penjagaan pihak keluarga. Kebijakan ini terkait tidak bisa dipastikannya perantau yang pulang itu, membawa virus atau tidak," tegas Riza Falepi saat memberikan arahan pada Apel Patroli Berskala Besar (APBB) di Jl Sudirman, Payakumbuh, Sabtu (11/4/2020).

APBB ini untuk antisipasi penyebaran Corona Virus Diseases 2019 (Covid19). Di kesempatan apel yang digelar di posko utama tanggap darurat virus Corona (Covid19) Kota Payakumbuh, Jalan Sudirman, depan Pos Lantas Polres Kota Payakumbuh ini, Riza mengucapkan rasa syukur, atas tidak adanya warga kota Payakumbuh yang terjangkit virus yang telah jadi pandemi di seluruh dunia ini.

Ikut APBB ini, Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz dan Sekretaris Daerah beserta jajaran dan seluruh Forkopimda. APBB ini bertujuan untuk melakukan peninjauan seluruh posko Covid19 yang ada di Kota Payakumbuh.

Baca juga: Dewan Penasehat dan Pakar PKS Payakumbuh Dikukuhkan, 8 Kursi jadi Target di Pemilu 2024

"Alhamdulilah, sampai saat ini kota Payakumbuh masih zero Covid19. Kita semua tentu berharap, kondisi ini bertahan sampai musibah wabah pandemi ini berakhir," ucap Riza.

Riza Falepi juga menyampaikan, kesulitan terbesar saat ini adalah, tidak menutup tempat-tempat yang berlangsungnya perputaran roda ekonomi.

"Kami mengimbau seluruh warga, untuk menjaga dan menyisiasati ini. Saya mohon pada warga semuanya, agar selalu menggunakan masker dan tetap jaga jarak," harap dia.

Riza juga mengimbau seluruh warga, agar tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul atau duduk di warung atau dimanapun yang melebihi dari 3 orang.

Baca juga: Asrul Serahkan Cenderamata ke Wako dan Wawako Payakumbuh yang akan Masuki Purna Tugas

"Kita semua harus saling mendukung saat ini, supaya wabah Covid19 tidak menjangkiti warga Payakumbuh dan kita juga harus untuk saling mengingatkan agar tidak terjangkit wabah ini," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: