Begini Metode Asimilasi Terbaru di Lapas Muaro Padang

Rabu, 01 April 2020, 19:55 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Begini Metode Asimilasi Terbaru di Lapas Muaro Padang
Ka Lapas Muaro Padang Arimin menyerahkan secara simbolis surat keterangan mengikuti program asimilasi kepada salah seorang napi, Rabu (1/4/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Menurut Kepala Lapas Muaro Padang, Arimin mengatakan, sebanyak 93 orang warga binaan akan menjalani proses asimilasi secara bertahap hingga Desember 2020.

"Untuk tahap awal, ada sebanyak 26 napi yang akan dibebaskan guna mengikuti asimilasi. Ini sesuai dengan peraturan Menkumham dalam rangka pencegahan dan penanggulangan virus corona," ujar Arimin seusai memberikan pada napi yang akan menjalani asimilasi, Rabu (1/4/2020).

Dia mengatakan, sebenarnya asimilasi rutin dilaksanakan di Lapas Muaro Padang. Gunanya untuk menyiapkan napi, supaya bisa bersosialisasi dengan masyarakat bila sudah bebas.

"Bedanya kalau asimilasi yang biasa kita lakukan adalah mengikutkan napi diberbagai kegiatan sosial seperti Saber (Sapu Bersih) Masjid dengan diawasi petugas. Kali ini, para napi dipulangkan ke rumah masing-masing dan selalu kita pantau bersama pihak Bapas," tambahnya.

Baca juga: Targetkan Zero Halinar, Lapas Muaro Musnahkan 532 Telepon Genggam

Pada kesempatan itu, Arimin berpesan pada napi yang akan mengikuti asimilasi, agar berkelakuan baik. Nantinya, setelah melewati masa asimilasi dan menjalani dua pertiga masa hukuman serta berkelakuan baik, napi akan dipanggil kembali ke Lapas untuk diberikan surat keterangan bebas bersyarat ataupun cuti bersyarat. (vry)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: