Jangan Biarkan Bonus Demografi jadi Bencana Kependudukan

Sabtu, 29 Agustus 2015, 23:25 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Jangan Biarkan Bonus Demografi jadi Bencana Kependudukan
Anggota Komisi IX DPR RI, Alex Indra Lukman saat jadi keynote speaker saat sosialisasi KIE kreatif program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga melalui media tradisional dan seni budaya, yang digelar BKKBN Sumbar, Sabtu (29/8/2015) di

VALORAnews - Bonus demografi, sekilas merupakan keuntungan Indonesia dalam menghadapi persaingan global. Sayangnya, bonus demografi yang biasanya ditandai dengan besarnya jumlah angkatan kerja di golongan remaja, bukanlah golongan siap pakai.

"Kita tak pernah mau membahas persoalan bonus demografi ini secara tuntas. Pada akhirnya, hal yang seharusnya jadi nilai tambah, malah akhirnya jadi bencana kependudukan," ungkap Anggota Komisi IX DPR RI, Alex Indra Lukman, Sabtu (29/8/2015) di Padang.

Untuk itu, Alex mengajak seluruh elemen bangsa, untuk merencanakan perbaikan kualitas angkatan kerja. Salah satu cara yang ditawarkan Alex, dengan merencanakan jumlah anggota keluarga dengan mengintensifkan sosialisasi program KB, dua anak cukup.

Kemudian, memperbanyak pelatihan, agar tenaga kerja bisa siap pakai ketika memasuki dunia kerja. "Angkatan kerja terus bertambah, luas wilayah malah menyusut. Kita tak bisa membirkan bonus demografi ini jadi bencana," tegas Alex yang juga ketua DPD PDIP Sumbar itu. (kyo)

Baca juga: PDI Perjuangan Raih 1 Kursi DPR RI dari Sumatera Barat, Alex: Mohon Doa dan Kritiknya

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: