250 Masyarakat Sumbar Bakal Dapat Kaki dan Tangan Palsu

Jumat, 28 Agustus 2015, 12:15 WIB | News | Kota Padang
250 Masyarakat Sumbar Bakal Dapat Kaki dan Tangan Palsu
Aksi dokter ahli utusan Yayasan Tuna Daksa, melaksanakan pengukuran kaki/tangan untuk penerima manfaat bantuan kaki/tangan palsu, dalam agenda bakti sosial bulan kemerdekaan pada Kamis (20/8/2015). (istimewa)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kasus penyandang kekurangan fisik tanpa tangan/kaki (prosthesa), telah merebak di tanah air. Sebagian dari penyandang keterbatasan ini (tuna daksa), penyebabnya beragam mulai dari bawaan lahir, penyakit dan kecelakaan kerja.

Dalam realita sehari-hari, penyandang disabilitas ini tidaklah selalu mengharap belas kasihan warga. Banyak diantara mereka yang mandiri, berjuang dengan kcakapan hidup, untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya sebagaimana masyarakat umumnya.

Untuk meningkatkan motivasi hidup mereka, Dewan Pengurus Daerah Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (DPD PPDI) Sumbar, telah melakukan komunikasi dengan Yayasan Tuna Daksa Jakarta, terkait peluang melaksanakan bantuan kaki/tangan palsu untuk masyarakat Sumatera Barat pada Agustus 2015.

Lewat kerjasama dan dukungan sejumlah lembaga, akhirnya Agenda ini diwujudkan dalam pelaksanaan "Program Bantuan Kaki dan Tangan se-Sumatera Barat' yang dicetus DPD PPDI Sumbar, Kamis (20/8/2015) di kantor UPTD Balai Pelatihan Koperasi, Jl S Parman, Ulak Karang, Padang.

Baca juga: HJK Padang ke-355; Musfi Yendra Tokoh Termuda Terima Pin Emas dan Penghargaan

Bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Singgalang, Yayasan Tuna Daksa dan Sequiselife, menghimpun peserta sebanyak 250 orang penyandang disabilitas. Pelaksanaan agenda ini, turut disponsori PT Pelindo, Auto2000 Padang, Dinas Sosial Sumbar, PKPU, Baznas, serta Pemprov Sumatera Barat.

"Persiapan telah dimulai semenjak dua bulan sebelumnya, membuka pendaftaran secara masif dari berbagai daerah bekerjasama dengan DDS dalam sosialisasi masyarakatnya. Tujuan utama agenda ini adalah untuk mewujudkan kemandirian disabilitas, agar bermanfaat membantu memudahkan aktivitas mereka," tutur ketua panitia penyelenggara kegiatan, Yunalzi, yang akrab disapa 'Ucok Baba' nya Padang.

Ucok menambahkan harapannya agar kegiatan ini tidak sekedar agenda yang terwujud tanpa feedback apa-apa. "Harapannya, agar bantuan ini memberi manfaat lah, tak sekadar pajangan, namun dapat memotivasi penerima manfaatnya untuk lebih gigih dan rajin berjuang melawan keterbatasannya," sambung Ucok.

Proses pengukuran kaki/tangan penyandang disabilitas telah dilaksanakan dengan melibatkan tiga dokter ahli utusan Yayasan Tuna Daksa. Proses pencetakan kaki/tangan palsu ini akan memakan waktu sekitar satu hingga tiga bulan ke depan.

Baca juga: Musfi Yendra Terbitkan Buku Kelima, Nurani Filantropis, Akan Diluncurkan Gubernur Sumbar

"Alhamdulillah, semoga dengan adanya bantuan ini, aktifitas saya sebagai Garim Masjid bisa lebih ringan," harap Afrizal (30), warga kecamatan Talamau, Pasaman Barat yang datang bersama 13 warga lainnya untuk mendapat bantuan kaki dan tangan palsu.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: