500 Napi Lapas Padang Ikuti Training ESQ

Rabu, 11 Desember 2019, 09:37 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
500 Napi Lapas Padang Ikuti Training ESQ
Pimpinan UPI YPTK Padang, Herman Nawas bersama Arimin (Kalapas Muaro Padang) dan jajaran, foto bersama usai penyelenggaraan training Emotional Spiritual Quotient (ESQ), Rabu (11/12/2019)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sedikitnya, 500 orang warga binaan Lapas Muaro Padang, ikuti training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang difasilitasi Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang. Pelatihan ini digelar dalam dua gelombang, 9-10 Desember dan 11-12 Desember 2019.

Kepala Lapas Muaro Padang, Arimin mengatakan, kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan di Lapas Muaro Padang.

"Ini bentuk komitmen kami dalam melakukan pembinaan mental spiritual pada warga binaan. Dengan mengikuti training ini, dapat memotivasi mereka untuk berubah ke arah yang lebih baik, agar bila bebas kelak mereka memiliki tujuan hidup yang jelas dengan dilandasi keimanan dan akhlak yang lebih baik," ujar Arimin.

Dikatakan, sejak program pembinaan kerohanian melalui training ESQ diadakan setahun lalu, banyak perubahan yang dirasakan. Seperti, jumlah napi yang beribadah meningkat pesat, itu ditandai dengan penuhnya masjid di dalam Lapas setiap masuk waktu shalat.

Baca juga: Mahyeldi Tutup Training ESQ di Lapas Muaro

"Yang paling terasa adalah menurun drastisnya angka kriminalitas di dalam Lapas, seperti perkelahian antar napi," ungkapnya.

Dikesempatan itu, Arimin menyampaikan terima kasih pada Pimpinan UPI YPTK Padang, Herman Nawas, yang selalu berkomitmen membantu program pembinaan di Lapas Padang, khususnya pembinaan mental dan spiritual melalui program ESQ.

Sementara, Herman Nawas mengatakan ini adalah salah satu program CSR dari UPI YPTK Padang.

"Kita harapkan, dengan adanya training seperti ini, para napi dapat berubah. Dengan lebih mengenal diri dan tuhan, diharapkan mereka kembali menjadi manusia yang mampu berbuat dan berkarya," ujarnya.

Baca juga: Warga Binaan akan Diikutkan ESQ: 64 Petugas Jaga LP Muaro Jalani Tes Urine

Berdampak Positif

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: