SMAK Padang Rangkul 30 Industri Pasangan Sukseskan Program Pendidikan Dual System

Senin, 02 Desember 2019, 14:01 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
SMAK Padang Rangkul 30 Industri Pasangan Sukseskan Program Pendidikan Dual System
Kepala SMK SMAK Padang, Nasir didampingi Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Fitriyeni memperilihatkan nota kesepahaman dengan pemangku kebijakan di industri pasangan, usai persentasi di Jakata, akhir pekan lalu. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Sementara, Arifin menilai, kebijakan pemerintah terhadap program pendidikan sistem ganda didukung penuh oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kemenperin. Sistem ganda bertujuan untuk sinkronisasi kurikulum sekolah dengan kompetensi yang diharapkan industri, sehingga tidak terjadi kesenjangan antara kebutunan dan suplay tenaga kerja.

Dijelaskan, sistem ganda yaitu penerapan durasi 50 persen pelajaran di sekolah dan 50 persen praktek kerja industri (Prakerin).

"Khusus untuk Sekolah Menengah Analis Kimia yang menempuh lama pendidikan empat tahun, maka dua tahun adalah masa pelajaran di sekolah dan dua tahun lagi praktek kerja industri," ulasnya.

Baca juga: Semakin Diminati, SMAK Padang Diminta Tambah Kuota

Selain penandatangan kesepahaman, dalam kesempatan ini, Direktur PT Unilab Indonesia, Supandi juga diundang sebagai narasumber. Supandi memaparkan implementasi Dual System di Industri pasangan.

"Dengan dual system, siswa mendapat kesempatan lebih lama untuk praktek. Dengan demikian, pasangan institusi pendidikan dengan pelaku industri, bisa memenuhi kebutuhan tenaga analis yang kompeten sekaligus memiliki dasar pengalaman," terang Supandi.

Ketua Pelaksana kegiatan temu industri, Mila Handrefa yang juga Kepala Sub Bagian Tata Usaha SMAK Padang menyebut, kegiatan ini berjalan lancar. Hasilnya, terjalin kesepahaman dengan 30 industri yang menjadi mitra penerapan sistem ganda.

"Hal ini memberi harapan baru bagi SMAK Padang. Mitra industri pihak SMAK Padang, tentunya sudah bertambah. Untuk mencetak SDM yang kompeten di bidangnya, juga akan terpenuhi," ulas Mila. (vry)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: