Solsel Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

Selasa, 19 November 2019, 17:03 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda
Bupati Solsel, Muzni Zakaria bersama Novirman (Kadinkes Solsel) dan Afrizal Amir (ketua Forum Kabupaten Sehat Solsel), foto bersama usai meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Selasa (19/11/2019). (

VALORAnews - Dinilai berhasil memenuhi indikator tatanan kabupaten sehat, Solok Selatan (Solsel) dinobatkan sebagai kabupaten sehat untuk kedua kalinya. Tahun 2019 ini, Solok Selatan mengalami peningkatan dan memperoleh Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda dari Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Selasa (19/11/2019). Penghargaan diterima Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, didampingi Kadis Kesehatan Novirman serta Ketua Forum Kabupaten Sehat, Afrizal Amir. Kegiatan tersebut juga dihadiri Menteri Kesehatan RI, dr Terawan Agus Putranto.

Muzni mengatakan, penghargaan Swasti Saba merupakan untuk yang kedua kalinya bagi Kabupaten Solsel. Tahun 2017 lalu, juga berhasil diraih namun masih dalam Tingkat Padapa (penilaian pada 2 Tatanan). Barulah pada 2019 ini, Kabupaten Solsel berhasil meningkatkan prestasinya dan berhasil meraih penghargaan dengan Tingkat Wiwerda (3 Tatanan).

Ia menyebutkan, penghargaan yang diterimanya harus disyukuri. Penghargaan tersebut tidak terlepas dari dukungan masyarakat Solsel dan serta kerja dari Tim Forum Kabupaten Solok Selatan yang terdiri dari berbagai unsur. Ia juga bersyukur dan menyampaikan terima kasihnya pada seluruh masyarakat, yang semakin sadar untuk berprilaku hidup sehat dan sejahtera.

Baca juga: Bukittinggi Raih Swasti Saba Wiwerda 2023, Linda Feroza: Pengakuan atas Realisasi Hebat Bidang Kesehatan dan Lingkungan

"Ini sebetulnya penghargaan bagi masyarakat Solok Selatan yang telah berupaya membudayakan hidup sehat. Hal ini menunjukkan bagaimana masyarakat sudah melakukan dan menjaga lingkungan bersih yang sehat, ketahanan pangan mandiri serta kawasan lingkungan bersih mandiri. Hal ini tentu saja membuat kita semakin bersyukur kepadaNya," sebut Muzni.

Ia menambahkan, prestasi ini tidak berhenti pada penghargaan semata. Penghargaan ini, menurutnya, adalah sebuah motivasi untuk terus berbuat yang lebih baik. Yang lebih utama adalah bagaimana masyarakat secara mandiri terus didorong untuk hidup sehat dan mandiri secara menyeluruh.

Muzni juga menyinggung pentingnya kesadaran bersama, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. OPD-OPD terkait diminta pro aktif dan gigih untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan dalam menunjang kebersihan ini. Apalagi kebersihan juga merupakan sebagian dari iman, yang selaras dengan visi kabupaten yang religius.

"Gigih juga perjuangkan dan komunikasikan dengan saya dan pihak terkait lainnya mengenai anggaran kebersihan ini, agar bisa kita dukung bersama," tekannya.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Ketua Forum Kabupaten Sehat Solsel, Afrizal Amir menambahkan, sebelumnya pada kategori Swasti Saba Padapa, konsep hidup sehat dan sejahtera itu, mendapatkan dukungan dari masyarakat dan dibantu oleh lintas sektor/OPD. Jadi pada Wiwerda masyarakat dinilai sudah mulai mandiri secara utuh untuk membangun konsep hidup dan sejahtera.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: