Seribu Cangkir Kopi Asli Solsel Dibagikan Gratis di Lokasi Finish TdS 2019

Kamis, 07 November 2019, 17:44 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Seribu Cangkir Kopi Asli Solsel Dibagikan Gratis di Lokasi Finish TdS 2019
Bupati Solsel, Muzni Zakaria bersama Abdul Rahman (Wabup Solsel) meninjau stand 1000 cangkir kopi gratis yang diinisiasi pengusaha kopi di daerah itu, di lokasi finish TdS 2019, Kamis (7/11/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, menggandeng pelaku usaha kopi menyediakan Saribu Galeh atau 1.000 gelas kopi gratis untuk pengunjung di lokasi finish Tour de Singkarak (TdS) etape VI.

"Sebanyak 1.000 gelas kopi gratis ini untuk memperkenalkan kopi Solok Selatan pada warga lokal, agar mereka tak lagi mengonsumsi kopi dari daerah lain," kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok Selatan, Azizah Mutia di Padang Aro, Kamis (7/11/2019).

Menurut dia, semakin banyak masyarakat yang mencicipi kopi Solok Selatan, mereka tahu rasa dan nikmatnya kopi itu. Kopi Solok Selatan, lanjutnya, sudah banyak digunakan berbagai kafe di Indonesia, tetapi masyarakat lokal justru banyak yang tidak tahu.

"Bahkan, pelaku usaha kopi ada juga yang mendapat tawaran dari luar negeri," terangnya.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Kopi gratis yang disuguhkan yaitu jenis robusta dan arabika, dengan melibatkan 11 pelaku usaha kopi di Solok Selatan.

Ketua Asosiasi Kopi Minang Sumbar, Attila Mijidi Dt Sibungsu mengatakan 1.000 gelas kopi ini untuk memperkenalkan kopi Solok Selatan kepada masyarakat.

Di lokasi iven, katanya, juga diperlihatkan bagaimana cara menyeduh kopi. Sebab, beda cara seduhnya beda pula rasa dan aromanya. "Kopi yang disuguhkan di lokasi finis TdS langsung diseduh di tempat," terangnya.

Pembagian kopi gratis dilakukan sejak pukul 09.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB atau saat finish TdS. Dalam kegiatan ini, ada 11 usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terlibat dari 18 UMKM yang ada di Solok Selatan.

Baca juga: Warga Solsel Diingatkan Bijak Gunakan Medsos di Momen Pilkada

Dia menambahkan, asosiasi kopi juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana cara mengolah kopi mulai dari petik sehingga nilai jualnya meningkat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024