Kualitas SDM dan Tenaga Pendidik jadi Kunci Kemajuan Bangsa

Kamis, 12 September 2019, 18:16 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
Kualitas SDM dan Tenaga Pendidik jadi Kunci Kemajuan Bangsa
Bupati Solsel, Muzni Zakaria bersama Kak Seto, AKBP Imam Yulisdianto dan lainnya, foto bersama usai pembukaan Indonesia Milenial Teacher Festival yang diadakan di halaman kantor bupati Solsel, Kamis pagi (12/9/2019). (humas)

VALORAnews - Bupati Solok Selatan (Solsel), H Muzni Zakaria mengatakan, kunci kemajuan sebuah daerah atau bangsa akan sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya. Sedangkan kualitas dari SDM itu sendiri, akan sangat dipengaruhi kulitas tenaga pendidik yang tersedia.

Hal itu disampaikan Muzni saat membuka acara Indonesia Milenial Teacher Festival yang diadakan di halaman kantor bupati Solsel, Kamis pagi (12/9/2019), dengan menghadirkan Seto Mulyadi atau yang akrab dipanggil dengan Kak Seto.

"Jika sebuah daerah ataupun bangsa ingin maju, maka bersama-sama kita tingkatkan SDM-nya. Untuk mencapai itu, diperlukan tenaga-tenaga pendidik yang juga semakin meningkat kualitasnya. Ini kuncinya," jelas Muzni.

Untuk itu, ia berharap, agar kalangan pendidik khususnya di Solsel, dapat terus meningkatkan kompetensinya di bidang masing-masing untuk dapat terus berkontribusi dalam kemajuan sebuah daerah.

Baca juga: Cara Pandang Memengaruhi Kesuksesan di Dunia Kerja

Kemudian dalam membantu tumbuh kembang anak ke arah positif, juga diperlukan perhatian semua pihak, terutama para orang tua.

"Semua bisa berperan. Dalam pendidikan guru adalah komponen pentingnya. Namun mendidik di luar kelas dengan keteladanan diperlukan perhatian semua pihak," kata Muzni yang turut dinobatkan sebagai Tokoh Sahabat Guru dari Kak Seto, pada kegiatan "Indonesia Millennial Teacher Festival 2019" tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Muzni juga mengapresiasi Kapolres Solsel, AKBP Imam Yulisdianto yang dinilai sudah banyak memberi kontribusi dalam pembinaan kepada masyarakat dan generasi milenial di Solsel dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan.

Sementara itu, Kak Seto Mulyadi sebagai narasumber dalam seminar itu menyebutkan, semua anak pada dasarnya cerdas. Bagaimana anak-anak kedepannya, tergantung kepada orang tua dan guru dalam mendidik anak tersebut.

Baca juga: Pengusaha Mesti Jeli Merespon Dampak Ekonomi Covid19, Dedi: IEF Siap jadi Fasilitator

Ia menghimbau, agar guru dapat menghargai kreatifitas anak-anak didiknya, karena menurutnya kecerdasan intelektual bukanlah segala-halanya, masih banyak kecerdasan lain yang ada pada anak diantaranya, kecerdasan moral, kecerdasan bermain musik.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: