KPU Sumbar Tetapkan 65 Caleg Terpilih Tingkat Provinsi Hasil Pemilu 2019

Selasa, 13 Agustus 2019, 08:28 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
KPU Sumbar Tetapkan 65 Caleg Terpilih Tingkat Provinsi Hasil Pemilu 2019
Anggota KPU Sumbar, Izwaryani menyerahkan SK Caleg Terpilih dari Partai Golkar pada Aguswanto, usai pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih hasil Pemilu 2019 tingkat provinsi, di Padang, Rabu (14/8/2019). (istimewa)

VALORAnews - KPU Sumbar tetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih hasil Pemilu 2019 tingkat provinsi, pada rapat pleno terbuka di Padang, Rabu (14/8/2019). Sebanyak sembilan dari 14 partai politik secara nasional, berhasil mendudukan kadernya yang akan menduduki 65 kursi di DPRD Sumbar periode 2019-2024.

Pada rapat pleno tersebut, perolehan kursi terbanyak diperoleh partai Gerindra sebanyak 14 kursi. Posisi kedua ditempati PKS, PAN dan Demokrat masing-masing mendapat 10 kursi. Kemudian, Partai Golkar 8 kursi, Partai Persatuan Pembangunan dengan 4 kursi. Selanjutnya, Partai Kebangkitan Bangsa, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem masing-masing 3 kursi.

"Penetapan saat ini, merupakan rangkaian proses yang telah dilakukan sejak setahun lalu. Kita mengucapkan pada KPU dan Bawaslu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Sumbar sehingga pelaksanaan berjalan sebagaimana mestinya," ungkap Ketua KPU Sumbar, Amnasmen pada wartawan usai penetapan.

"Setelah penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih ini, KPU akan menyerahkannya ke pemerintah provinsi Sumbar, untuk kemudian diteruskan ke Mendagri untuk di SK-kan sehingga bisa segera pula dilakukan persiapan pelantikan," katanya.

Baca juga: Pemilu 2024, Dapil Padang II jadi Kuburan Petahana, Ini Partai dan Caleg yang Berhasil Raih Kursi

Berikut nama-nama 65 caleg terpilih berdasarkan partai. Partai Gerindra dengan perolehan 14 kursi, yaitu Desrio Putra, Hidayat, Evi Yandri, Tri Suryadi, Jempol, Ismunandi Syofyan, Yunisra Syahiran, Khairuddin Simanjuntak, Nurkhalis, Supardi, Mesra, Syafruddin Putra, Maro Syahjohan, dan Mukhlis Yusuf Abid.

Selanjutnya, Partai PKS dengan perolehan 10 kursi, Gustami Hidayat, Rahmad Saleh, Muhammad Ridwan, Rinaldi, Rafdinal, M. Ihpan, Irsyad Syafar, Budiman, Nurfirmanwansyah, dan Hamdanus.

Partai Demokrat, juga 10 kursi, yaitu Suwirpen Suib, HM. Nurnas, Ismet Amzis, Nofrizon, Sabar, As, Darman Syahladi, Jefri Masrul, Arkadius Dt Intan Bano, Irzal Ilyas, dan Ali Tanjung.

Partai Amanat Nasionel (PAN) yaitu, Indra Dt. Rajo Lelo, Maigus Nasir, Muhammad Ikhbal, Andri Warman, Muzli M. Nur, Dody Delvy, Yosrizal, Syahrul Furqon, Ahmad Rius dan Muhayatul

Baca juga: KPU Sumbar Serahkan Surat Pemberitahuan Caleg Terpilih: Indeks Demokrasi Sumbar Kategori Sedang, Gebril: Kinerja DPRD Ikut Berperan

Partai Golkar 8 kursi, yaitu, Afrizal, Sitti Izzati Aziz, Lazwardi Erman, Benny Utama, Syafaruddin Dt Bandaro Rajo, Hendra Irwan Rahim, Khairunas dan Zarfi Deson

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: