Kader Gerindra, Golkar dan Demokrat Bakal Isi Kursi Pimpinan: Gerindra Menang di Limapuluh Kota, Ini Komposisi 35 Anggota Dewan Hasil Pemilu 2019

Jumat, 07 Juni 2019, 09:16 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Kader Gerindra, Golkar dan Demokrat Bakal Isi Kursi Pimpinan: Gerindra Menang di...
Lima orang komisioner LPU Limapuluh Kota periode 2018-2023 dalam satu kegiatan disebuah hotal di Padang, beberapa waktu lalu. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Partai Gerindra berhasil jadi pemenang Pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Limapuluh Kota. Partai besutan Prabowo Subianto itu, diperkirakan akan mendudukan 6 orang kadernya di parlemen periode 2019-2024.

Dari lima daerah pemilihan (Dapil), Partai Gerindra menyumbang masing-masing satu kursi kecuali di Dapil IV yang berhasil meraih 2 kursi. (Baca: Ini 8 Caleg Terpilih Dapil Limapuluh Kota I; Afri Yunaldi Hingga Marsanova Andesra)

Peraih kursi terbanyak kedua, potensi diraih Partai Golkar dan Partai Demokrat. Kedua partai ini berhasil meraih 5 kursi yang berasal dari lima Dapil yang ada.

Dengan komposisi perolehan kursi seperti ini, tiga kursi pimpinan DPRD bakal diambil wakil dari tiga partai ini yakni Partai Gerindra sebagai ketua dan Partai Golkar serta Partai Demokrat sebagai wakil. (Baca: Ini 5 Caleg Terpilih Dapil Limapuluh Kota II; Mayoritas Raih 2 Ribu Lebih Suara Pribadi)

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Siapa orangnya? Masing-masing partai tentu memiliki mekanisme berbeda dalam menetapkan kader yang akan didudukan sebagai unsur pimpinan dewan.

Partai peserta pemilu 2019 lainnya yang berhasil meraih kursi DPRD Limapuluh Kota periode 2019-2024 yakni 4 kursi yang diraih PKS dan Partai Hanura, 3 kursi (PPP, PKB dan PAN), 1 kursi (PDIP dan Partai Nasdem). (Baca: Ini 8 Caleg Terpilih Dapil Limapuluh Kota III; Selisih Suara Caleg Terpilih Golkar dan Demokrat Tipis)

Pemilu 2019 ini, DPRD Limapuluh Kota masih beranggotakan 35 orang. Mereka berasal dari 5 daerah pemilihan.

Dapil I meliputi kecamatan Harau dan Payakumbuh (8 kursi), Dapil II terdiri dari kecamatan Kapur IX dan Pangkalan Koto Baru (5 kursi), Dapil III melingkupi kecamatan Lareh Sago Halaban, Luak dan Situjuah Limo Nagari (8 kursi). (Baca: Ini 9 Caleg Terpilih Dapil Limapuluh Kota IV; Partai Gerindra Raih Dua Kursi)

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Selanjutnya, Dapil IV berlokasikan Kecamatan Akabiluru, Guguak dan Mungka (9 kursi) dan Dapil V berada di kecamatan Bukit Barisan, Gunuang Omeh dan Suliki (5 kursi)

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: