Sesar Mentawai Bergerak, Picu Gempabumi Tektonik 4,3 SR

Jumat, 10 Mei 2019, 18:44 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Sesar Mentawai Bergerak, Picu Gempabumi Tektonik 4,3 SR
Perkiraan lokasi epicentrum gempa 4,3 SR pada Jumat (10/5/2019) pukul 06.51 WIB.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wilayah laut Pariaman diguncang gempabumi tektonik, Jumat (10/5/2019) pukul 06.51 WIB. Hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Silaing Bawah Padangpanjang menunjukkan bahwa gempabumi terjadi dengan kekuatan 4.3 SR.

"Pusat gempabumi terletak pada 0.42 LS dan 99.50 BT, tepatnya di laut 31 km Barat Daya PARIAMAN-SUMBAR pada kedalaman 11 km," ungkap Kepala Stasiun Geofisika BMKG Klas I Padangpanjang, Irwan Slamet dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dijelaskan Irwan, jika memperhatikan letak sumber gempabumi tersebut dengan kedalaman hiposenter yang dangkal ini, mencirikan sebagai aktifitas sesar Mentawai.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat goncangan tersebut dirasakan dirasakan di Kota Pariaman, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Agam II-III MMI; Padang dan Pasaman Barat II MMI," ungkapnya.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5.0 Goncang Mentawai, Ini Analisis Kapus Gempabumi dan Tsunami BMKG

Irwan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Dia meminta masyarakat, untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: