Masjid Raya Gantikan Percayakan Pengelolaan Program Kafalah Yatim ke MUM Padang

Minggu, 21 April 2019, 08:29 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Masjid Raya Gantikan Percayakan Pengelolaan Program Kafalah Yatim ke MUM Padang
Wako Padang, Mahyeldi foto bersama dengan pengurus Masjid Raya Gantiang Padang yang menjalin kerjasama dengan Lazis Mitra Ummat Madani (MUM) Padang melahirkan Program Kafalah Yatim, Ahad (21/4/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Mengoptimalisasi dana infak yatim di masjid agar tersalur efektif, tepat sasaran dan berdaya guna, Masjid Raya Gantiang Padang bekerjasama dengan Lazis Mitra Ummat Madani (MUM) Padang, meluncurkan Program Kafalah Yatim, Ahad (21/4/2019).

Program ini merupakan terobosan yang diinisiasi bersama dengan tujuan agar anak-anak yatim, terutama yang tinggal disekitaran masjid dapat merasakan manfaat lebih dana infak yatim di masjid yang diperuntukan kepada mereka secara terukur dan berkelanjutan.

Peluncuran Program Kafalah Yatim Masjid Raya Gantiang tersebut dihadiri Wali Kota Padang, H Mahyeldi yang ditandai dengan menandatangani piagam kerjasama program. Turut hadir dan menandatangi Camat Padang Timur Ances Kurniawan, Lurah Gantiang Parak Gadang, Edison FA, Direktur Penghimpunan dan Layanan ZIS MUM, Syahyudiwarman dan Pengurus Masjid Raya Gantiang, Alsyam. Disaksikan seratusan anak yatim bersama para orang tua dan undangan.

Mahyeldi mengapresiasi program ini, karena sebuah terobosan positif dalam memuliakan yatim. Peserta selain mendapatkan beasiswa rutin juga memperoleh pembinaan dari sisi ibadah, akhlak dan hafalan al Qurannya, sehingga tidak ada lagi alasan para orang tua yang kurang mampu untuk tidak menyekolahkan anak-anaknya.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

"Atas nama Pemko Padang, saya mendukung program ini. Diharapkan dapat turut berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan. Semoga program ini booming, dapat menular ke masjid masjid yang lainnya," kata Mahyeldi dalam sambutannya.

Mahyeldi menambahkan, adanya penyaluran infak yatim di masjid secara berkala itu, dapat menjadi solusi yatim yang terkendala kebutuhan pendidikannya. Semakin cepat akan semakin baik disalurkan dan tidak harus menunggu waktu setahun ketika lebaran saja agar dana yang diinfakan jamaah bertambah dan dirasakan manfaatnya.

Pengurus Masjid Gantiang Padang, Dedek Nuzul Putra mengungkapkan harapannya, agar anak-anak yatim sekitar masjid terbina dan makin dekat dengan masjid. Para orang tua diharapkan berperan mendorong kesholehan anaknya.

Selama ini, ungkapnya, dana yatim itu disalurkan menjelang lebaran dalam bentuk uang tunai, sekarang dalam bentuk program. Secara simbolis Masjid Raya Gantiang menyerahkan dana yatim sebesar Rp115,35 juta untuk disalurkan melalui program setahun kedepan.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Direktur PHP dan Layanan ZIS, Syahyudiwarman mengatakan, ada serangkaian program akan diberikan pada peserta program yaitu beasiswa selama setahun, Program Balanjo Baju Rayo (Babayo), Paket Perlengkapan Sekolah, Bimbingan Tahfidz al Quran, Bina prestasi, ibadah dan akhlak. Para orang tua juga mendapatkan pembinaan dan motivasi setiap bulannya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: