Padangpariaman Dihoyak Gempa 4,2 SR Dinihari Tadi

Rabu, 20 Maret 2019, 07:52 WIB | News | Kota Pariaman
Padangpariaman Dihoyak Gempa 4,2 SR Dinihari Tadi
Ilustrasi.

VALORAnews - Sebagian masyarakat Padangpariaman dan sekitarnya, dikejutkan dengan adanya goncangan gempabumi, Rabu (20/3/2019), pukul 01.17 WIB. Hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Padangpanjang, gempabumi ini berkekuatan 4.2 SR.

"Pusat gempabumi ini berada di darat pada koordinat 0.46 Lintang Selatan dan 100.23 Bujur Timur, sekitar 10 KM Timur Laut Padang Pariaman-SUMBAR, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padangpanjang, Irwan Slamet dalam siaran pernyataan tertulis yang diterima.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, terangnya, goncangan tersebut dirasakan dirasakan di Padangpanjang, Sicincin, Pariaman IV MMI. Kemudian Agam, Tanahdatar II - III MMI. "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," terangnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, terangnya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal, akibat aktivitas sesar sumatera. Hasil monitoring BMKG, tambahnya, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Baca juga: Sumbar jadi Tuan Rumah HKBN 2024, 30 Daerah akan Ikuti Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami

BMKB mengimbau masyarakat, tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi tentang gempa, terang Irwan, bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: