KPU Solsel Rancang Format Sosialisasi untuk Warga Minim Akses Informasi

Minggu, 24 Februari 2019, 17:17 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
KPU Solsel Rancang Format Sosialisasi untuk Warga Minim Akses Informasi
Polres Solok Selatan (Solsel) menggelar tablig akbar kebangsaan, Kamis (14/2) di aula Mapolres Solsel. Acara ini dihadiri Bupati Solsel, Muzni Zakaria. Forkopimda dan berbagai lapisan masyarakat. (humas)

VALORAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, menyusun strategi supaya sosialisasi Pemilu bisa menjangkau masyarakat pinggiran atau kurang akses informasi sehingga lebih tepat sasaran.

"Ada daerah di Solok Selatan yang jauh informasi seperti Tandai, Lubuk Ulang Aling. Itu yang sekarang sedang disusun strategi seperti apa kegiatan yang bisa dilakukan untuk sosialisasi Pemilu," kata Ketua KPU Solsel, Nila Puspita.

Dia mengatakan, segala masukan dari unsur yang hadir saat rapat koordinasi sangat bagus supaya Pemilu berjalan lancar. Untuk itu, katanya, KPU mempersiapkan strategi yang pas agar sosialisasi Pemilu ini sampai ke semua lapisan masyarakat.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Solok Selatan, Fidel Efendi mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara dan mana yang akan dicoblos pada saat Pemilu.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

"Kami berharap KPU lebih intens lagi dalam sosialisasi tentang pemilu agar masyarakat mengerti dan tahu tentang Pemilu," ujarnya.

Ia menyarankan, KPU lebih kreatif lagi membuat sesuatu yang meanarik agar masyarakat datang ke TPS menyalurkan hak suaranya. Sebagai contoh, katanya, ada daerah yang mengundang orgen tunggal atau menampilkan pakaian tradisional, sehingga menarik minat masyarakat untuk datang ke TPS.

Menurut dia, kesuksesan Pemilu tidak hanya tergantung pada KPU, tetapi juga unsur lain seperti keamanan oleh kepolisian. Selain itu, juga pemerintah daerah juga membantu memberikan sosialisasi pemilu damai kepada masyarakat.

Dia berharap, pemilu khususnya di Solok Selatan berjalan lancar dan aman serta partisipasi pemilih bisa tinggi. Selain itu, ia mengimbau, masyarakat ramai-ramai datang ke TPS pada 17 April 2019 untuk memberikan hak suaranya.

Baca juga: Warga Solsel Diingatkan Bijak Gunakan Medsos di Momen Pilkada

Untuk pihak Bawaslu, katanya, diharapkan melakukan pengawasan terhadap APK yang dipasang para peserta Pemilu jangan ada yang menyalahi aturan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: