Ikut Donasi Pembangunan Pesantren Pertama di Amerika, Ini Nomor Rekeningnya

Minggu, 18 November 2018, 18:10 WIB | News | Kota Padang
Ikut Donasi Pembangunan Pesantren Pertama di Amerika, Ini Nomor Rekeningnya
Wali Kota Padang, Mahyeldi secara simbolis menyerahkan donasi untuk Nusantar Foundation yang diterima Imam Besar Masjid New York, Amerika Serikat, Shamsi Ali di rumah dinas wali Kota Padang, Ahad malam (18/11/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyatakan, sebagai lokomotifnya dunia, Amerika Serikat sangat tepat dijadikan tujuan pengembangan Islam disertai negara-negara maju lainnya.

"Kita tentu berharap, melalui Nusantara Foundation yang dipimpin Pak Shamsi Ali selaku imam besar di New York, dapat terus mengembangkan syiar Islam di sana. Kita di Kota Padang, In Syaa Allah siap mendukungnya," tukas Mahyeldi, di rumah dinas wali Kota Padang, Ahad malam (18/11/2018).

Di kesempatan itu, Mahyeldi menyerahkan bantuan yang dikumpulkan dari berbagai elemen pada Pendiri dan Presiden Nusantara Foundation, Shamsi Ali. Bantuan ini merupakan salah satu wujud kepedulian pada sesama muslim, baik di Indonesia ataupun negara lainnya.

Kota Padang, juga rutin menggalang dana untuk saudara muslim di dunia seperti bantuan untuk kemerdekaan Palestina, Rohingya dan lainnya. Untuk Nusantara Foundation ini, donasi yang dikumpulkan berasal dari Pemko Padang, Baznas serta para pengusaha muslim lainnya. Bantuan ini nantinya akan digunakan untuk Pondok Pesantren "Nur Inka Nusantara Madani," pesantren pertama yang berdiri di Kota New York, Amerika Serikat.

Dalam penggalangan donasi tersebut, di pertemuan malam itu telah terhimpun sebanyak Rp732 juta. Diperkirakan, donasi pun akan masih terus bertambah, mengingat tingginya antusias pemko dan para pengusaha di Kota Padang, dalam membantu kemajuan Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di New York.

Sementara, Shamsi Ali menyampaikan, Nusantara Foundation yang digagasnya, merupakan organisasi pelayanan sosial berbasis agama, budaya, pendidikan dan interfaith dialog yang bertujuan mempromosikan dialog antar agama dan kerjasama yang saling menguntungkan diantara umat Islam dan sesama masyarakat.

"Program perdana Nusantara Foundation adalah pembangunan pondok pesantren pertama di Amerika yang dipersembahkan Indonesia. Pesantren ini berlokasi di Kota Moodus Connecticut, New York dengan memiliki luas tanah 7,5 hektar," ungkapnya.

"Alhamdulillah, saat ini kita tengah melakukan beberapa pembangunan seperti pembangunan masjid, asrama, kelas, dapur umum dan fasilitas lainnya," tambah pria kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, 5 Oktober 1967 itu.

Ia menambahkan, keberadaan Pondok Pesantren Nur Inka Madani bertujuan untuk melahirkan atau membentuk generasi atau umat muslim yang berkarakter nusantara yang penuh cinta kasih serta berperadaban tinggi.

"Muslim dengan karakter nusantara yang kita maksud adalah ramah, bersahabat, berkemajuan, independen, merangkul demokrasi dan pluralitas serta mengedepankan cinta damai dan kerjasama. Intinya pesantren ini dihadirkan di Amerika Serikat sebagai wujud tanggung-jawab bangsa Indonesia untuk menampilkan Islam yang rahmatan lil alamin," cetusnya.

Disebutkan, adapun untuk kegiatan di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani hingga saat ini antara lain seperti visit pesantren, halal tours, global leadership programe, nusantara cup, pelaksanaan Shalat Jumat serta syiar keislaman lainnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: