261 Pelanggaran Lalu Lintas Ditindak Selama Operasi Zebra di Polres Solsel

Selasa, 13 November 2018, 18:50 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
261 Pelanggaran Lalu Lintas Ditindak Selama Operasi Zebra di Polres Solsel
Kasat Lantas Polres Solok Selatan, Iptu Mardianto saat menggelar Operasi Zebra. (diky lesmana/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Selama 13 hari pelaksanaan Operasi Zebra 2018, yang berlangsung sejak 30 Oktober hingga 12 November lalu. Satuan Polisi Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Solok Selatan, menjaring sebanyak 261 pelanggar lalu lintas. Pelanggar didominasi kendaraan roda dua.

Dari 261 pelanggar yang ditindak, 68 di antaranya tilang SIM, 171 berkas tilang STNK. 18 lainnya diamankan roda dua, 1 unit roda empat dan 3 roda enam.

Kasat Lantas Polres Solok Selatan, Iptu Mardianto mengatakan, pada Operasi Zebra menyasar pelanggar kasat mata. Seperti, tidak menggunakan helm, tidak bisa menunjukan SIM, STNK, kelengkapan kelengkapan kendaraan, tidak mengenakan sabuk pengaman dan lainnya.

"Selain itu, pengendara di bawah umur juga menjadi prioritas penindakan di lapangan," katanya.

Baca juga: 1122 Pelanggar Telah Ditindak hingga Hari ke7 Operasi Zebra Lancang Kuning 2023

Menurutnya, jika dilihat dari penindakan yang dilakukan, Masih tercermin dimasyarakat kurangnya disiplin dan kesadaran dalam berlalu lintas. Ini jadi tugas bersama memberikan betapa pentingnya kesadaran berlalu lintas saat berkendara.

"Pelanggaran yang kita temui dilapangan, didominasi oleh pengendara kendaraan roda dua. Rata-rata pengendara tidak bisa menunjukan SIM dan STNK," katanya.

Selain itu, pelanggaran terhadap kelengkapan kendaraan juga menjadi perhatian. Masih banyak terdapat kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan sesuai prosedur.

"Kedepan, ini menjadi target kita untuk melakukan penertiban. Agar, keselamatan berkendara di jalan umum bisa disadari masyarakat," pungkasnya. (dky)

Baca juga: Menggunakan HP Saat Berkendara di Tanah Datar Bisa Terkena Operasi Zebra Singgalang

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: