PWI Sumbar Gandeng BRI Gelar Uji Kompetensi Wartawan, Ini Jadwalnya

Senin, 15 Oktober 2018, 19:10 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
PWI Sumbar Gandeng BRI Gelar Uji Kompetensi Wartawan, Ini Jadwalnya
Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus. (istimewa)

VALORAnews - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar gandeng BRI untuk menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IX. UKW untuk tingkatan muda, madya dan utama ini, direncanakan akan digelar 26-28 Oktober 2018 di Corporate University (Sendik) BRI di Pasar Baru, Pauh, Kota Padang.

Menurut Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus, penyelenggaraan UKW oleh PWI ini sengaja menggandeng mitra kerja. Tujuannya untuk meringankan peserta. Sehingga kontribusi yang harus dibayar jadi lebih rendah.

"PWI bukan mencari keuntungan menyelenggarakan UKW, tetapi membantu teman-teman wartawan agar bisa kompeten dengan biaya yang ringan," ujar Heranof Firdaus didampingi Sawir Pribadi (Ketua Panitia UKW IX), dalam siaran pers yang diterima, Senin (15/10/2018).

UKW Angkatan IX direncanakan diawali dengan Pra UKW pada 26 Oktober 2018 sekaligus pada tanggal tersebut dilaksanakan pula Ujian Kenaikan Status (UKS) PWI untuk Anggota Muda jadi Anggota Biasa.

Baca juga: UPN Veteran akan Gelar UKW Gratis di 5 Provinsi, Ini Link Pendaftarannya

Dikatakan Sawir Pribadi, besarnya biaya penyelenggaraan UKW, maka panitia membebankan setiap dengan sejumlah iuran. Jumlahnya bervariasi. Untuk Kategori Wartawan Utama sebesar Rp2 juta per orang dan Kategori Wartawan Madya/Muda sebesar Rp1,5 juta.

Syarat jadi peserta UKW adalah wartawan dari media yang telah terverifikasi Dewan Pers (minimal verifikasi administrasi yang dibuktikan dari print laman Dewan Pers), kemudian mengisi formulir, menyerahkan Surat Rekomendasi dari Pemred untuk mengikuti UKW dengan menyebutkan Kategori UKW yang diikuti.

Kemudian, peserta menyerahkan daftar nara sumber yang akan Uji Jejaring, pas foto 3-4 dua lembar dan menyerahkan karya jurnalistik berupa berita atau feature.

"Pendaftaran peserta dibuka Selasa (16/10/2018) dan ditutup Jumat (19/10/2018) di kantor PWI Sumbar, Jalan Bagindo Azis Chan, Padang, telepon (0751) 25900 atau Nelly 081363837574," ujar Sawir Pribadi. (rls)

Baca juga: 43 Jurnalis Ikuti UKW Fasilitasi Dewan Pers di Gorontalo, Ini Harapan Mahmud Marhaba

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: