Payakumbuh Barat Belajar IT ke Nagari VII Koto Talago

Minggu, 02 Agustus 2015, 12:19 WIB | News | Kota Payakumbuh
Payakumbuh Barat Belajar IT ke Nagari VII Koto Talago
Pelaku UMKM di Kota Payakumbuh, ikuti pelatihan berjualan melalui dunia internet yang difasilitasi Direktur E-Bisnis Kementerian Kominfo, 4 Mei 2015 lalu. (humas)

VALORAnews - Dipimpin Sekretaris Kecamatan Payakumbuh Barat, Hj Sovita Yenuris, sebanyak 22 lurah di bawah naungan FKL (Forum Koordinasi Lurah), kecamatan setempat, melakukan kunjungan kerja ke Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguk,Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (29/7/2015).

Payakumbuh Barat, menurut Camat H Nurdal, Minggu (2/8/2015), ingin menjadikan Kecamatan Payakumbuh Barat sebagai kecamatan berbasis internetterbaik di kota Payakumbuh.

"Nagari VII Koto Talago, daerah tetangga di Kabupaten Limapuluh Kota, yang sudah lebih dulu mengenal dunia IT," katanya.

Nagari VII Koto Talago, satu-satunya nagari yang telah melaksanakan Informasi Tekhnologi atau Cyber nagari di Sumatera Barat. Peresmiannya dilakukan Gubernur Irwan Prayitno, sekitar tiga bulan lalu.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Di Nagari Talago, rombongan diterima Sekretaris Nagari Sofianis, Kaur Pembangunan Heri Nizwar ZA yang juga dipercaya sebagai Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)VII Koto Talago dan sejumlah staf lainnya.

Sebelum Nagari Cyber diluncurkan, VII Koto Talago sudah memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), semacam komunitas yang nyaris sama dengan kegiatan Kelompencapir (Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pemirsa) era Orde Baru di bawah binaan Deppen RI.

Sementara, dukungan perantau setempat, seperti Adityawarman Thaha, Anwar ZA, Dewi Fortuna dan Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon serta tokoh akademisi Sumbar Prof Syafrudin Karimi, Kopertis Prof Ganefi dan tokoh lainnya, juga sangat tinggi terhadap Nagari Cyber.

Data centre Nagari CyberVII Talago ditempatkan di SMK Negeri setempat. Dalam operasionalnya, juga melibatkan Radio Komunitas yang ada di VII Koto Talago. Kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan antara lain talk show, audien via telepon, dan teleconferen.

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

Untuk mendapatkan informasi tentang VII Koto Talago dapat mengakses wibesite http: 7kototalago.limapuluhkota.org atau email: kimtujuahkoto@gmail.com.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: