Kekuatan Ekonomi jadi Pilar Kedaulatan Bangsa

Kamis, 16 Agustus 2018, 20:12 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kekuatan Ekonomi jadi Pilar Kedaulatan Bangsa
Ketua Pelaksana Bung Hatta Festival, Sekda Bukittinggi, Rektor ISI Padangpanjang, Gubernur Sumbar, Raktor Unitas Padang, Ka Korwil ABDSI Sumbar, Rektor Unidha, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Ka DPN ABDSI, foto bersama usai pembukaan Bung Hatta Fes
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Semangat kebersamaan dalam menciptakan iklim positif usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dilaksanakan Bung Hatta Festival di Istana Bung Hatta Bukittinggi, 12-13 Agustus 2018 lalu.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya pada pelaksana kegiatan, mengingat festival ini berlangsung sekaligus untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dan hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah Nasional 2018.

Sementara, Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Business Development Service Indonesia (DPN-ABDSI), Cak Samsul mengatakan, kekuatan ekonomi merupakan salah satu pilar dalam menjaga kedaulatan bangsa.

"Dalam struktur ekonomi porsi terbesar adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Terdapat 57 juta UMKM dengan menyerap 114 juta tenaga kerja di Indonesia. UMKM memiliki peran penting dalam mengentaskan kemiskinan dan pemerataan ekonomi bahkan merupakan pemasukan devisa negara," terang Cak Samsul.

Baca juga: Tarhib Ramadhan Bersama Forum Silaturahim Majelis Taklim, Nevi: Jaga Keikhlasan Siang dan Malam

Dalam menciptakan UMKM naik kelas, terangnya, dibutuhkan sinergi yang baik antara 5 komponen atau yang dikenal sebagai Penta Helix (Pemerintah, Akademisi, Pelaku bisnis, Komunitas dan Media). Peran dari lima komponen tersebut perlu ditingkatkan dari tahun ke tahun.

"Diperlukan suatu media untuk melakukan perencanaan, pelaksanaa monitoring dan evaluasi secara terus menerus agar tujuan UMKM naik kelas dapat terlaksana. Kami berencana untuk menjadikan Bunghattafest ini jadi ajang mengingat perjuangan kemerdekaan dan menumbuhkan semangat dalam mengisi pembangunan," terangnya.

Rangkaian kegiatan seminar nasional UMKM Kuat Bangsa Berdaulat dan Creative Talks dengan tema Bentuk Kolaborasi Multi Stakeholders berlangsung meriah dan sukses. "Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dengan peserta dari pemerintahan dan pelaku-pelaku usaha," ujar Ketua Pelaksana Bung Hatta Festival, Sepris Yonaldi.

Hari UMKM dideklarasikan pada kongres UMKM dan temu nasional pendamping II pada 25 Mei 2016 yang akhirnya menetapkan tanggal 12 Agustus, tanggal kelahiran Bung Hatta. Pada 2017 lalu, hari UMKM diperingati di seluruh kota di Indonesia. Pada 2018 Bung Hatta Festival ini terpusat di kota Bukittinggi, kota kelahiran sang inspirator ekonomi kerakyatan.

Baca juga: Gubernur Sumbar Sampaikan Terimakasih untuk Irdinansyah Tarmizi: Zuldafri Darma Dilantik jadi Bupati Tanahdatar

"Diharapkan juga dari kota ini, semangat bangkitnya UMKM Indonesia tumbuh secara bersama-sama untuk mewujudkan fondasi ekonomi yang kokoh," harap Sepris.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: